Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Timnas Indonesia vs Malaysia: Garuda Punya Rekor Buruk di Stadion Nasional

Sport
Timnas Indonesia vs Malaysia: Garuda Punya Rekor Buruk di Stadion Nasional 1
foto: Stadion Nasional Singapura (suara)


itoday - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/21). Skuad Garuda harus waspada lantaran akan tampil di Stadion Nasional Singapura.

Tim Merah Putih memiliki memori buruk saat tampil di Stadion Nasional Singapura. Venue tersebut seakan tak ramah untuk timnas Indonesia.

Untuk kali pertama pada gelaran Piala AFF 2020 ini, Indonesia akan bermain di luar Stadion Bishan yang jadi venue untuk grup B saat menghadapi laga hidup mati melawan Malaysia.

Indonesia dan Malaysia akan bertandingan di Stadion Nasional Singapura dikarenakan Stadion Bishan akan dipakai untuk laga Vietnam vs Kamboja.

Pihak AFF sendiri menggelar kedua laga ini di waktu yang sama yakni Minggu (19/12/21) pukul 19.30 WIB. Oleh karenanya, laga Indonesia dan Malaysia diadakan di Stadion Nasional yang jadi venue untuk grup A.

Keputusan AFF menyelenggarakan kedua laga ini bersamaan dikarenakan tiga tim yakni Indonesia, Vietnam, dan Malaysia masih berpeluang besar untuk lolos ke semifinal.

Demi mencegah adanya main mata antar tim peserta, alhasil kedua laga ini digelar di waktu yang sama dengan lokasi yang berbeda.

Nyatanya, keputusan AFF ini menjadi bencana bagi Indonesia. Pasalnya, Stadion Nasional Singapura bisa dibilang tak ramah bagi timnas Indonesia kala bermain di ajang Piala AFF.

Tercatat 5 kali tim Indonesia bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF. Berikut hasil yang didapat skuat Garuda setiap bermain di venue tersebut.

1. Piala AFF 1996 (13 September 1996)

Indonesia pertama kali bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF (Piala Tiger) 1996 atau edisi pertama.

Di laga ini Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 1-3 di babak semifinal. Karena hasil ini, skuat Garuda gagal lolos ke babak final edisi pertama Piala AFF.

2. Piala AFF `1996 (15 September 1996)

Dua hari setelah kegagalan menembus final, Indonesia bermain menghadapi Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga di ajang Piala AFF 1996.

Di laga yang berlangsung di Stadion Nasional ini, Indonesia lagi-lagi tumbang dengan skor 2-3 dari Vietnam sehingga harus puas menjadi tim terbaik keempat.

3. Piala AFF 2007 (13 Januari 2007)

Rekor buruk Indonesia di Stadion Nasional kala bermain di ajang Piala AFF sempat pupus saat menjalani babak grup Piala AFF 2007.

Kala itu Indonesia yang tergabung di grup B menjalani laga perdananya di Piala AFF 2007 dan mampu meraih kemenangan 3-1 atas Laos di Stadion Nasional.

4. Piala AFF 2007 (15 Januari 2007)

Di laga kedua Piala AFF 2007, Indonesia masih bermain di Stadion Nasional. Adapun lawan skuat Garuda di partai kedua grup B ini adalah Vietnam.

Di laga itu, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 dengan Vietnam setelah gol bunuh diri Supardi mampu disamakan oleh Saktiawan Sinaga di menit terakhir waktu normal.

5. Piala AFF 2007 (17 Januari 2007)

Di laga terakhir grup B, Indonesia bertanding di Stadion Nasional dengan menghadapi tuan rumah Singapura. Laga ini menjadi laga hidup mati karena kedua tim berebut tiket ke semifinal.

Indonesia dalam posisi terjepit karena diwajibkan menang. Sedangkan Singapura hanya butuh hasil imbang karena unggul selisih gol atas tim Merah Putih.

Dan di laga terakhir ini, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Singapura. Hasil ini membuat skuat Garuda pun gagal lolos ke babak semifinal.

sumber: suara.com
Sport Timnas Indonesia vs Malaysia: Garuda Punya Rekor Buruk di Stadion Nasional