Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

TWS Terbaru OPPO Enco Air Hadir di Indonesia
02 July 2021
TWS Terbaru OPPO Enco Air Hadir di Indonesia
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)

itoday - OPPO Indonesia kembali meluncurkan lini produk IOT, OPPO Enco Air hari ini dengan desain yang lebih menarik, audio berkualitas tinggi, kontrol sentuhan yang nyaman, dan berbagai fitur yang berfokus pada kenyamanan pengguna dengan perangkat nirkabel ini.

“Setelah sebelumnya meluncurkan perangkat TWS OPPO Enco Buds di tahun ini, kami meneruskan konsistensi dan pengembangan produk OPPO Acoustics yang berbasis audio yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna Indonesia. Berbagai fitur inovatif yang ditawarkan dari segi desain, kualitas audio, serta sertifikasi High-Performance/Low Latency yang diraih dari TÜV Rheinland, membuktikan TWS ini memiliki kinerja luar biasa dalam berbagai skenario penggunaan.” Ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Perpaduan Gaya Terkini dan Kenyamanan Pemakaian

Dari segi desain OPPO Enco Air menampilkan tekstur matte yang dan terasa mewah saat disentuh, dengan penutup bagian atas yang menarik perhatian dengan desain transparan yang membuatnya terlihat moderen. OPPO Enco Air tersedia dalam dua varian warna, yaitu Misty White dan Misty Black.

Untuk memastikan pengguna terasa nyaman, TWS ini menerapkan teknologi semi in-ear yang telah teruji dan dioptimalkan agar sesuai dengan telinga manusia. Dengan berat yang cukup ringan, 3,75 gram, pengguna akan merasa seperti tidak sedang menggunakan sebuah TWS. OPPO Enco Air memiliki sertifikat IPX4, sehingga perangkat ini tahan terhadap cipratan air, ideal untuk digunakan dalam berbagai kegiatan.

Pengalaman Audio Yang Luar Biasa

Perangkat earphone nirkabel OPPO selalu disukai oleh para konsumen, karena kualitas suaranya yang luar biasa, jadi tidak mengherankan jika OPPO Enco Air melanjutkan tradisi ini. TWS ini memiliki peningkatan suara bass melalui driver titanium komposit 12mm.

Earphone ini dirancang untuk menghadirkan kombinasi yang seimbang antara nada bass yang tebal, kuat, dan nada midrange yang murni hingga nada treble. Keseimbangan ini terjadi adanya teknologi yang dikembangkan oleh tim Blu-ray OPPO yang merancang perangkat ini untuk memberikan pengalaman audio yang lebih detail, autentik, dan berkualitas tinggi kepada pengguna.

Berikan Kenyamanan Pada Pengguna

Untuk pengisian daya pada OPPO Enco Air, pengguna dapat menggunakan hingga 8 jam pemutaran hanya dengan pengisian daya 10 menit, dan hingga 24 jam dengan pengisian penuh, menjadikannya sempurna untuk mendengarkan sepanjang hari.

Melanjutkan fokusnya pada pengalaman pengguna, OPPO Enco Air terintegrasi dengan teknologi peredam bising panggilan berbasis kecerdasan buatan yang intensif, membantu menghadirkan pengalaman panggilan yang jernih.

Pengguna tidak perlu lagi khawatir dengam audio yang tidak stabil, earphone ini dilengkapi dengan chip Bluetooth 5.2 terbaru untuk meningkatkan stabilitas transmisi dan menghilangkan gangguan, sambil meminimalkan latensi.

Jika digunakan bersamaan dengan teknologi pengurang latensi pada Mode Game, OPPO Enco Air menggabungkan solusi perangkat lunak dan perangkat keras untuk menghadirkan pengalaman audio visual yang mulus dan jernih.

OPPO juga membuat fitur pemasangan cepat yang langsung terhubung saat pengguna membuka tutup casing pengisi daya, selain itu adanya fitur tambahan seperti kontorl sentuhan yang dapat disesuaikan dan dukungan terhadap Google voice asistant memberikan pengalaman perangkat premium kepada pengguna dengan perangkat pada level harga yang terjangkau.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Enco Air akan dijual mulai 2 Juli 2021 melalui daring pada OPPO Official Store yang terdapat pada berbagai situs e-dagang ternama di Indonesia, OPPO Service Center, aplikasi OPPO Store dan juga secara luring melalui toko – toko yang menjual perangkat smartphone dan IoT OPPO di seluruh Indonesia. TWS terbaru OPPO ini akan dijual dengan harga Rp. 999.000.

sumber: tabloidpulsa.id
Pengguna SnackVideo Bisa Tarik Saldo Tunai ke Akun ShopeePay
01 July 2021
Pengguna SnackVideo Bisa Tarik Saldo Tunai ke Akun ShopeePay
foto: SnackVideo (ist)

itoday - Layanan pembayaran digital ShopeePay bekerja sama dengan platform video pendek SnackVideo. Dengan kerja sama, pengguna dan kreator SnackVideo bisa menarik saldo tunai yang terkumpul ke akun ShopeePay.

Berdasarkan laporan Digital 2021 dari We Are Social dan HootSuite, 98,5 persen pengguna internet di Indonesia mengkonsumsi video online tiap bulan.

ShopeePay melihat, hal ini sebagai indikasi besarnya peluang masyarakat Indonesia yang didominasi Gen Z untuk mendapatkan penghasilan dari sektor industri kreatir ini.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari mengatakan, kerja sama dengan SnackVideo merupakan sebuah sinergi antara dua layanan yang dekat dengan keseharian Gen Z, yaitu digital payment dan digital entertainment.

"Hal ini juga membuktikan adanya kesempatan kolaborasi dan integrasi yang tidak terbatas antara layanan pembayaran digital dengan platform digital lain, bahkan yang berskala global," kata Eka Nilam, dalam keterangan ShopeePay, Kamis (1/7/2021).

Ia berharap, kolaborasi ShopeePay dan SnackVideo dapat memudahkan Gen Z untuk mendapatkan pendapatan dari hobi mereka membuat dan menonton video online.

Realisasikan Hobi

Head of Business Operations SnackVideo, Yugo Prabowo mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, ada peningkatan ketertarikan Gen Z untuk menjadikan hobi mereka membuat dan mengakses video sebagai pendapatan.

"Di sisi lain, kami memiliki kesamaan pandangan dengan ShopeePay untuk menyebarkan manfaat positif dari layanan digital ke lebih banyak orang. Oleh karena itu, kami berharap kerja sama ini bisa memberikan manfaat untuk generasi muda dan juga industri kreatif di Indonesia," katanya.

Sebagai bagian dari kerja sama, pengguna SnackVideo akan mendapatkan bonus 500 koin untuk penarikan cash dengan ShopeePay di periode 28 Juni - 4 Juli 2021. Untuk mendapatkan bonus koin, pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

Bonus Koin

- Buka aplikasi SnackVideo
- Buka halaman bonus dan pilih ‘Menarik’
- Pilih ‘Cash’
- Pilih jumlah nominal yang ingin ditarik lalu pilih ‘Tarik’
- Pilih metode penarikan ShopeePay
- Masukkan nomor HP yang terdaftar di ShopeePay dan nama lengkap
- Verifikasi nomor teleponmu
- Klik ‘Kirimkan’ dan ‘Kas Keluar’
- Saldo akan masuk dalam waktu maksimal 24 jam sementara bonus koin diterima maksimal 3 x 24 jam setelah periode kampanye berakhir.

sumber: liputan6
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Jadi Ponsel Terbaik di GLOMO Awards 2021
01 July 2021
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Jadi Ponsel Terbaik di GLOMO Awards 2021
foto: GLOMO Award 2021 (ist)

itoday - Samsung Galaxy S21 Ultra berhasil menyabet penghargaan sebagai smartphone terbaik dalam ajang Global Mobile (GLOMO) Awards di gelaran acara Mobile World Congress (MWC) 2021.

“Samsung membuat smartphone Android terbaik dengan berbagai fitur luar biasa, seperti layar AMOLED yang memukai, kamera terbaik di kelasnya, dan banyak lagi–ponsel ini memberikan performa terbaik dan layak mendapatkan title sebagai Smartphone Terbaik pada 2021,” kata juri seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (1/7/2021).

Samsung jadi satu-satunya perusahaan yang dua ponsel buatannya yang masuk ke dalam daftar nominasi. Selain Galaxy S21 Ultra 5G, seri Galaxy S20 FE 5G juga masuk ke dalam daftar.

Adapun ponsel lain yang juga masuk ke dalam daftar nominasi smartphone terbaik tahun ini, antara lain iPhone 12 Pro Max, OnePlus 9 Pro, dan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Penilaian Juri

Untuk mendapatkan title sebagai smartphone terbaik dalam ajang GLOMO, sebuah ponsel harus memenuhi beberapa aspek yang dinilai oleh juri di MWC 2021. Ini adalah diantaranya;

- Desain fisik dan inovasi

- Performa perangkat dan faktor bentuk hardware dan komponen

- Inovasi baru, semisal faktor bentuk, teknologi, dan fitur

- Kegunaan produk dalam hal fungsionalitas dan fitur

- Harga dan tingkat value for money

- Sukses secara komersial di global

- Pengalaman pengguna, kualitas dan keandalan

- Ramah lingkungan dan keberlanjutan

- Komitmen berkelanjutan untuk menggulirkan dukungan, seperti update sofware

Disruptive Device Innovation

Sementara itu, pada bidang penghargaan Disruptive Device Innovation dimenangkan oleh ARM untuk pengembangan prosesor perangkat seluler.

ARM sukses mengalahkan nominator lainnya, seperti Apple dalam membangun Ultra Wide Availability (UWB), Oppo dalam pengembangan dan memperkenalkan charging technology, dan teknologi Rollable Display dari BOE, LG, Oppo, dan lainnya.

Sementara Vodafone Curve dipilih sebagai Perangkat Konsumen Terkoneksi Terbaik, ini adalah tag pelacakan berkemampuan GPS. Perangkat ini mampu mengungguli Samsung Galaxy Buds Pro, headset VR Glass Huawei, mixed reality headset Nreal Light dan kamera rumah Cloud+AI ZTE.

Pada gelaran GLOMO 2019, Huawei Mate 20 Pro memenangkan penghargaan ponsel cerdas, Samsung Galaxy Watch memenangkan penghargaan Wearable Mobile Technology dan Epic Games mendapat kehormatan untuk waralaba Fortnite.

sumber: liputan6
OPPO Ungkap Desain Reno6 Versi Indonesia
30 June 2021
OPPO Ungkap Desain Reno6 Versi Indonesia
foto: Oppo Reno6 (ist)

itoday - Berkembangnya persepsi yang salah terkait desain Reno6 versi Indonesia, membuat pihak OPPO Indonesia kewalahan menjawab pertanyaan dari para netizen. Hal ini pun akhirnya diklarifikasi lewat Reno6 1st Appearance Event.

Di acara ini, OPPO menunjukkan penampilan luar dari perangkat Reno6 yang menitikberatkan pada sisi desain. OPPO Reno6 masih membawa bahasa desain berkelanjutan dari seri Reno yang terkenal dengan teknologi pewarnaan Reno Glow.

“OPPO Reno6 masih membawa bahasa desain yang sama dengan suksesornya, mengaplikasikan Reno Glow, OPPO berupaya meningkatkan teknik ini pada perangkat Reno6 dengan 5 (lima) lapisan Diamond Spectrum, setidaknya perangkat ini dapat memancarkan jutaan warna, berkali lipat dari ribuan warna yang dihasilkan dari 3 (tiga) lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno5. Mengimbangi gaya hidup anak muda modern sebagai targetnya, perangkat ini juga tampil tipis, stylish dan elegan,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Diamond Spectrum merupakan salah satu teknik pewarnaan yang dapat memproyeksikan jutaan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Lima lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno6 memiliki peranan berbeda, di antaranya lapisan reflektif yang dapat menghasilkan rangkaian warna layaknya pelangi, lapisan lensa fresnel yang dapat memproyeksikan spektrum warna beragam, atau lapisan akhir transparan yang dapat memperkuat berbagai refleksi warna pada lapisan sebelumnya.

Selain itu, OPPO juga menerapkan efek Reno Glow pada perangkat OPPO Reno6. Dengan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, OPPO memberikan sentuhan akhir Reno Glow untuk menciptakan efek visual warna yang berkilauan dan juga efek gradasi warna yang lebih halus.

Sentuhan efek terbaru ini melalui sebuah ukiran laser lebih padat yang menciptakan banyak sudut reflektif pada penampang belakang OPPO Reno6. Yang menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya, kini Reno Glow diterapkan pada dua warna perangkat OPPO Reno6 yakni Aurora dan Stellar Black yang menciptakan dua perangkat dengan penampang belakang bebas sidik jari.

Selain dari sisi warna, desain Reno6 versi Indonesia juga tampil tipis dan ringan. Perangkat ini hanya memiliki ketebalan 7.8mm dan juga berat hanya 173 gram. Kombinasi keduanya menghasilkan perangkat yang tipis sekaligus nyaman digengam dengan satu tangan.

OPPO Reno6 juga tampil dengan layar bertipe Single Punch-Hole Display, memberikan sebuah pandangan layar yang luas kepada pengguna untuk menikmati konten multimedia dan online game. Sementara itu pada sektor kamera, OPPO Reno6 membawa 4 (empat) kamera utama dimana pada bingkainya tertulis 64 MP Quad AI Camera.

sumber: tabloidpulsa.id
TelkomGroup Luncurkan Layanan Digital TADEX
30 June 2021
TelkomGroup Luncurkan Layanan Digital TADEX
foto: Peluncuran TADEX (tabloidpulsa.id)

itoday - TelkomGroup mendukung Dewan Pers dan industri pers nasional dalam mengimplementasikan inovasi teknologi terkini bagi industri media, khususnya periklanan, dengan meluncurkan layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), sebuah premium programmatic advertising terbesar di Indonesia.

TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku di industri periklanan Indonesia, baik bagi publishers maupun advertisers dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. TADEX terbentuk sebagai hasil kolaborasi dua anak perusahaan TelkomGroup yakni Telkomsel dan Metranet bersama dengan Dewan Pers, Task Force Media Sustainability dan Asosiasi Periklanan.

Dalam peluncuran TADEX yang diselenggarakan secara virtual, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, “Saya menyambut baik kolaborasi antara dewan pers, Task Force Media Sustainablity, dan TelkomGroup yang menciptakan inovasi teknologi bagi industri media, khususnya periklanan dengan menghadirkan TADEX.

Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif, membangun perikalanan digital yang inovatif dan transparan dengan tetap mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik.

Saya yakin TADEX akan memberikan angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak peluang-peluang baru yang bermanfaat bagi advertiser, publisher, marketer, dan pemangku kepentingan lainnya. Kehadiran TADEX menjadi momentum penting untuk melahirkan lompatan-lompatan baru, menciptakan ekosistem digital yang lebih baik, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.”

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir mengatakan, “Kita semua harus optimis dan yakin, walau ada pelemahan konsumsi dan tantangan ekonomi, kebutuhan beriklan tidak akan hilang. Yang ada tentunya terjadi pergeseran kebutuhan secara platform dengan cara beriklannya, yaitu dengan digitalisasi. Ini adalah kolaborasi perusahaan BUMN TelkomGroup dengan insan media dan tentunya dewan pers yang kita harapkan kolaborasi ini dapat menjadi sebuah kekuatan penyeimbang dan tentu harus kita jaga keberlangsungannya.

Ini momen bersejarah bagi ekosistem periklanan digital. Platform ini merupakan premium publisher programmatic pertama karya anak bangsa yang tidak kalah dengan platform periklanan global lainnya, dimana TADEX hadir dari Indonesia untuk Indonesia.”

Ketua Dewan Pers Indonesia, Mohammad Nuh mengatakan, “Kehadiran TADEX sudah lama kita impikan, kolaborasi antar anak bangsa ini membuktikan bahwa sinergi membawa impossibility menjadi possibility.

TADEX akan membangkitkan kepedulian kita tentang data, dimana data menjadi asset yang sangat luar biasa dan harus kita kelola dengan baik oleh anak bangsa sendiri. Dengan demikian, kekayaan kita yang luar biasa itu tidak lari ke mana-mana manfaatnya dan justru akan dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa Indonesia.”

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan, Telkom telah mencanangkan diri untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital, seperti UMKM, pendidikan, pertanian hingga pariwisata.

Sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional.

Semoga kehadiran TADEX sebagai produk anak bangsa dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia.”

Sebagai layanan premium programmatic periklanan, TADEX memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan. Pertama, TADEX terhubung dengan sistem big data analytics milik TelkomGroup, sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan.

Kedua, TADEX menawarkan beragam kategori media penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari para publishers terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan.

Ketiga, TADEX memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui publisher yang terpercaya.

Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, “Telkomsel sebagai leading digital telco company berupaya untuk dapat membuka akses dan potensi digital secara optimal di berbagai sektor industri dengan konsisten melanjutkan transformasi bisnis perusahaan yang terus menjadi landasan dalam menghadirkan produk dan layanan Telkomsel sebagai pilihan terbaik bagi pemenuhan gaya hidup digital masyarakat.

Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan layanan periklanan digital TADEX kolaborasi Telkomsel dan Metranet yang di inisiasi oleh TelkomGroup untuk membantu pelaku industri media dan periklanan di Indonesia agar dapat terus tumbuh dan berkembang melalui solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan di industri.”

Pengembangan TADEX sendiri berdasarkan pada empat tolok ukur, yakni scalability, impact, quality, dan data. TADEX memiliki skalabilitas yang luas sehingga dapat menyediakan berbagai macam inventori yang memungkinkan konten iklan dapat ditayangkan secara luas ke seluruh penjuru negeri.

Selanjutnya dari sisi impact, dengan adanya berbagai macam pilihan saluran dan format iklan, TADEX dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga iklan yang ditayangkan berjalan efektif, tersebar luas dan tepat sasaran.

Kemudian dari sisi kualitas yang dihasilkan, TADEX dapat membantu penggunanya untuk terhubung dengan segmen yang tepat, sehingga kampanye iklan dapat berjalan optimal, baik itu dalam hal trafik, penempatan, hingga waktu tayangnya.

Terakhir, terkait data yang menjadi prioritas utama TADEX, karena terhubung dengan big data analytics Telkom Group, kami menjamin keamanan data pelanggan.

Di saat bersamaan, TADEX dapat memberikan insight yang menyeluruh dan terarah, sehingga pengiklan dapat menayangkan iklan-iklannya dengan nyaman karena tepat guna pada target yang dituju.

Berangkat dari seluruh keunggulan tersebut, TADEX akan menjadi premium programmatic advertising platform terbesar bagi ekosistem media digital di Indonesia.

Para pemilik merek (Media Agency) dapat menemukan solusi layanan terkait strategi periklanan digital melalui beragam inventory yang berkualitas, dimana seluruh inventory dimiliki oleh publishers media yang terverifikasi oleh Dewan Pers.

Kemudian TADEX juga memiliki kapabilitas dalam menjangkau lebih banyak target audiens di seluruh Indonesia melalui ekosistem big data analytics Telkomsel dan TelkomGroup yang terarah dengan data yang terlindungi secara aman.

TADEX diharapkan dapat menjadi solusi untuk menciptakan skema periklanan digital yang sehat, sehingga dapat berkontribusi dalam membentuk ekosistem pers nasional yang berkelanjutan dan juga ramah bagi para pembaca, khususnya dalam hal pengalaman menikmati konten dari publishers.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan digital TADEX: Tanah Air Digital Exchange dan seluruh fitur unggulannya dapat diakses di tadex.id.

sumber: tabloidpulsa.id
GaraGara Ini Ekspansi Jaringan Operator Seluler Bakal Melambat
29 June 2021
Gara-Gara Ini, Ekspansi Jaringan Operator Seluler Bakal Melambat
foto: tower operator selular (bisnis.com)

Ekspansi jaringan operator seluler diprediksi melambat saat masa pandemi Covid-19 yang intensitasnya semakin meningkat.

Pengamat telekomunikasi menilai penyebaran pandemi Covid-19 yang makin luas berisiko menghambat pergelaran jaringan operator seluler.

Ketua Bidang Network dan Infrastruktur Indonesian Digital Empowerment Community (IDIEC) Ariyanto A. Setyawan mengatakan pembangunan jaringan akan banyak terdampak oleh pandemi Covid-19 yang makin tinggi.
Dari sisi sumber daya manusia, pembangunan jaringan harus melibatkan pekerjaan fisik dan bersifat masif di lapangan. SDM yang terjangkit, kepala proyek yang dirawat, dan lain sebagainya akan membuat proyek pergelaran jaringan operator menjadi melandai.

“Pandemi membuat pergelaran jaringan tidak bisa full team. Pembangunan melambat,” kata Ariyanto, Senin (28/6/2021).

Tidak hanya itu, kata Ariyanto, untuk penerapan teknologi baru yang membutuhkan tenaga ahli dari luar, juga akan mengalami gangguan. Tenaga ahli akan mempertimbangkan matang-matang untuk datang ke sejumlah kota dengan tingkat penularan tinggi.

Selain tenaga ahli, proses impor dan penyediaan perangkat dari luar negeri juga akan terhambat. Begitu pun proses koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Perlambatan proses koordinasi dengan instansi terkait, menambah waktu implementasi,” kata Ariyanto.

Sementara itu, Ketua Bidang Teletopic Masyarakat Telematika Indonesia Nonot Harsono mengatakan proyek pergelaran jaringan baru akan terhambat jika para pekerja mengalami sakit.

Untuk sisi suplai perangkat dan alat, menurutnya, sudah tidak ada masalah karena China sudah terbebas dari Covid-19.

“Skema pembangunan BTS dan jaringan di Indonesia mayoritas memakai skema vendor yang membangun, operator yang menjual jasa,” kata Nonot.

sumber: bisnis.com