Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Sufmi Dasco BSSN Kena Retas Bagaimana dengan Lembaga Negara Lainnya
26 October 2021
Sufmi Dasco: BSSN Kena Retas, Bagaimana dengan Lembaga Negara Lainnya?
foto: Sufmi Dasco (rmol)


itoday - Pimpinan DPR RI memberikan perhatian serius pada peretasan yang terjadi pada situs resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Rabu (20/10).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad tidak habis pikir website lembaga keamanan siber Indonesia bisa diretas.

"Kalau kita lihat BSSN bisa kena retas, bagaimana dengan lembaga-lembaga lain?" kata Sufmi Dasco di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/10).

Sufmi Dasco menegaskan akan segera melakukan evaluasi terhadap BSSN dalam menjalankan tugas dan fungsinya hingga terjadinya peretasan itu.

Menurut Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini, jika BSSN tidak aman maka bagaimana nasib website lembaga-lembaga negara yang lain.

"Setelah reses kita akan minta Komisi I untuk adakan rapat dengan BSSN dan dengan lembaga lainnya untuk antisipai-antisipasi supaya tidak terjadi hal seperti ini," pungkasnya.

Peretasan itu menjadi ramai, pasalnya hingga Senin (25/10), situs https://pusmanas.bssn.go.id/ milik BSSN belum bisa diakses.

sumber: rmol.id
Indosat Luncurkan Aplikasi IMove untuk Pantau Kesehatan
22 October 2021
Indosat Luncurkan Aplikasi IMove untuk Pantau Kesehatan
foto: IMove (tabloidpulsa.id)


itoday - Indosat Ooredoo terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung gaya hidup digital pelanggannya melalui inovasi produk terbarunya, IMove. Platform ini menawarkan pengalaman gaya hidup sehat dengan konsep gamifikasiyang unik dan menyenangkan, dengan berbagai hadiah menanti pelanggan. Peluncuran ini juga sebagai upaya Indosat Ooredoo untuk mendukung Pemerintah mewujudkan Indonesia Sehat 2025.

Menurut data WHO, tingkat obesitas secara global telah meningkat tiga kali lipat dalam empat dekade terakhir, dengan aktivitas fisik yang rendah merupakan faktor utama keempat kematian. Sementara itu, di Indonesia, jumlah orang dewasa yang kelebihan berat badan di Indonesia meningkat dua kali lipat selama dua dekade terakhir. Orang yang tinggal di daerah perkotaan lebih cenderung kelebihan berat badan karena akses ke makanan olahan relatif mudah. Kehidupan kota juga dikaitkan dengan gaya hidup menetap, terutama di kalangan perempuan dan anak perempuan, karena mereka menghadapi infrastruktur yang tidak memadai untuk berolahraga di luar ruangan, seperti trotoar yang sempit dan kurangnya taman.

Oleh karena itu, Indosat Ooredoo meluncurkan aplikasi IMove sebagai inisiatif kesehatan sosial pertama di Indonesia yang didukung jutaan pelanggannya dengan konsep gamifikasi berdasarkan hadiah. Platform ini berusaha menjadi cara yang menarik, menyenangkan, dan bermanfaat untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat.

Sudheer Chawla, SVP-Head of Digital Services Indosat Ooredoo, mengatakan, “Melakukan gaya hidup sehat sangat penting, terutama di masa pandemi ini. Oleh karena itu, kami meluncurkan IMove untuk mendorong masyarakat menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan konsep gamifikasi. Melalui IMove, kami menawarkan platform goal-setting, habit tracker, dan komunitas online, membantu pengguna mencapai tujuan individu mereka, tetap berkomitmen, dan mendapatkan hadiah. Kami berharap pelanggan kami akan memilih IMove sebagai pilihan pertama mereka untuk menerapkan gaya hidup sehat dan lebih aktif.”

IMove menawarkan pendekatan holistik untuk kesehatan yang optimal, dengan fokus pada gerakan, nutrisi, dan kesehatan emosional. Pengguna dapat mengikuti berbagai tantangan gamifikasi untuk berolahraga lebih banyak, menurunkan berat badan, makan lebih sehat, dan menjadi lebih sehat. Platform IMove memiliki tiga fitur utama: Coaches, Social Wall, dan Rewards. Pada Coaches, pengguna dapat menikmati berbagai wawasan informatif, seperti rencana dan resep makan, rutinitas dan latihan kebugaran, serta tips gaya hidup sehat dari para pelatih profesional bersertifikat. Di Social Wall, pengguna dapat berbagi kemajuan mereka untuk saling mendukung dan berinteraksi. Sementara itu, di Rewards, pengguna dapat mengumpulkan trofi untuk setiap kegiatan dan melakukan redeem di store.

Terdapat juga Tantangan Leaderboard of Step, dimana pengguna IMove dapat membandingkan kemajuan mereka dengan peserta lain. Platform ini menawarkan tantangan gratis hingga pro dengan berlangganan mulai dari Rp1.000/hari. Para pemenang Leaderboard ini berkesempatan mendapatkan gratis kuota data dari 1GB hingga 50GB, berbagai diskon produk fitness dari partner IMove, serta hadiah uang tunai. Aplikasi IMove tersedia di Google Play Store dan App Store. Pelanggan Indosat Ooredoo dapat mengunduhnya secara gratis untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Pelajari lebih lanjut tentang IMove di sini dan raih kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik.

sumber: tabloidpulsa.id
5G Bisa Buat Apa Aja Sih
18 October 2021
5G Bisa Buat Apa Aja Sih?
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)


itoday - Layanan 5G secara komersial sudah bisa dinikmati sejak Telkomsel meluncurkannya pada 26 Mei 2021 lalu. Meskipun baru di beberapa kota, dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dan menunjang kemajuan masyarakat.

Secara bertahap, Telkomsel berjanji akan memperluas jangkauan 5G tersebut dan mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. Berikut ini beberapa bidang atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang sudah bisa Anda nikmati.

Internet of things (IoT)

IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Salah satu contoh akselerasi transformasi digital berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dalam sektor industri di Indonesia adalah seperti yang ditunjukkan oleh Telkomsel. Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel IoT menjalin kerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri dalam mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi yang disebut Smart Water Meter.

NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) bagian dari roadmap teknologi 5G yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan cakupan jaringan konektivitas yang lebih luas hingga dua kali dari teknologi GSM. Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan dapat menghemat cost dengan biaya modul yang rendah.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online. Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.

Pengaplikasian teknologi ini dapat dilihat melalui penandatanganan nota kesepahaman Telkomsel dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.

Kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric dalam memastikan pabriknya di Batam dilengkapi dengan teknologi IoT terbaru yang didukung dengan solusi EcoStruxure untuk operasional pabrik yang efisien, hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Telkomsel – Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia. Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet) yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh. Ketiga, pengaplikasian sistem EcoStruxure™ Machine Advisor yang menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management, sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard yang tersedia.

Mobile Otonom

Teknologi mobile otonom (tanpa pengemudi, termasuk drone) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib. Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobile otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Terkait Smartphone

Sebenarnya terlalu banyak yang bisa dijadikan contoh terkait 5G buat smartphone seperti halnya yang sudah digunakan pada perangkat dengan jaringan 4G. Namun dengan adanya 5G, konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.

Salah satu contoh adalah pengembangan layanan pendukung aktivitas perbankan melalui layanan aplikasi Telkomsel REDI. Dengan dukungan jaringan 5G, aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam akses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.

Telkomsel REDI merupakan kelanjutan pengembangan dari inovasi solusi layanan m-Banking Telkomsel yang sudah hadir sejak 2002. Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai potensi pemanfaatan teknologi demi kemudahan akses keuangan digital masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan pemanfataan layanan aplikasi Telkomsel REDI, berbagai aktivitas keuangan digital yang sebelumnya mungkin harus diakses dengan berbagai platform yang berbeda, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, transfer uang, hingga transaksi perbankan lainnya, kini semakin dimudahkan dengan akses transaksi cashless yang terintegrasi.

Selain contoh di atas, permainan online yang membutuhkan koneksi stabil dan kecepatan tinggi dapat dilakukan tanpa harus duduk di depan monitor. Dimana kita pun akan punya kesempatan yang sama dengan pemain lain dari sudut dunia lain yang memiliki akses internet lebih baik.

Kedokteran (Kesehatan)

Jaringan 5G juga bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara ril time.

Ini juga merupakan bagian dari langkah terbaru yang dilakukan Telkomsel yaitu dengan mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel untuk dapat saling menolong dimulai dari langkah sederhana #YangKitaBisa lakukan bersama. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan diantaranya memberikan akses untuk mendapatkan bantuan melalui Peduli Sesama, akses layanan kesehatan melalui Peduli Sehat, dan dukungan pembelajaran jarak jauh melalui Peduli Belajar.

Selain cakupan di atas sebenarnya masih banyak lagi. Sebagai operator pertama yang menyediakan akses layanan 5G, Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

sumber: tabloidpulsa.id
Acer Luncurkan Chromebook Baru dengan Layar Besar yang Cocok untuk Bekerja Sekolah dan Hiburan
16 October 2021
Acer Luncurkan Chromebook Baru dengan Layar Besar yang Cocok untuk Bekerja, Sekolah, dan Hiburan
foto: Acer chromebook (tabloidpulsa.id)


itoday - Acer meluncurkan empat Chromebook baru yang memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, mulai dari pengguna rumahan dan bisnis hingga pekerja hybrid dan pelajar. Dilengkapi dengan prosesor terbaru dan fitur yang dicari seperti Wi-Fi 6 yang andal, teknologi konferensi video, dan desain yang tahan lama, Chromebook Acer terbaru membuat para konsumen tetap terhubung, produktif, dan terhibur.

“Jajaran Chromebook lengkap dari Acer menyediakan pilihan produk untuk memenuhi segala jenis kebutuhan pelanggan—mulai dari pilihan ukuran layar, prosesor, daya tahan, konektivitas, dan lainnya,” kata James Lin, General Manager, Notebooks, IT Products Business, Acer Inc. . “Apakah pelanggan membutuhkan perangkat untuk bekerja, sekolah, atau hiburan, kami memiliki Chromebook dengan fitur yang mereka cari.”

Acer Chromebook Spin 514 – Model Convertible 14-inci untuk Konferensi Video yang Nyaman di Perjalanan
Menampilkan desain yang ringkas dan layar FHD 14 inci, Acer Chromebook Spin 514 (CP514-2H) dan Acer Chromebook Spin Enterprise 514 terbaru dirancang untuk memberikan performa maksimum untuk multi-tasking dan konferensi video yang produktif. Didukung oleh prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-11, Chromebook baru ini berorientasi pada performa namun beroperasi minim suara, karena mengusung desain tanpa kipas yang ideal untuk penggunaan di ruang kerja bersama.

Layar IPS FHD 14-inci pada Chromebook ini memiliki bezel yang tipis di keempat sisinya, memungkinkan rasio layar-ke-bodi sebesar 84%. Saat konferensi video, webcam FHD MIPI memanfaatkan filter blue glass dan teknologi noise reduction untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas dan mengurangi suar cahaya. Speaker ganda perangkat yang menghadap ke atas mengapit keyboard digabungkan dengan mikrofon ganda untuk menghadirkan pengalaman konferensi video yang jernih, keberadaan DTS® Audio memberikan suara surround berkualitas tinggi, dan amplifier pintar internal menyempurnakan speaker Chromebook untuk audio yang lebih jelas dan lantang.

Chromebook Spin 514 dan Chromebook Spin Enterprise 514 baru menampilkan desain convertible, memberikan para penggunanya kemampuan untuk memilih mode penggunaan yang tepat untuk setiap pekerjaan, baik mode laptop, tablet, tent, atau mode display. Perangkat ini juga tahan lama: dengan desain yang diperkuat menggunakan cover atas dan bawah aluminium dan memiliki sertifikasi MIL-STD 810H.

Selain itu, Chromebook ini dilengkapi dengan serangkaian fitur tambahan, seperti port USB Tipe-C ganda, touchpad Corning® Gorilla® Glass, backlit keyboard, dan Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) yang andal.

Acer Chromebook 515 – Performa dan Konferensi dengan Layar Besar 15,6 inci

Acer Chromebook 515 (CB515-1W/T) dan Acer Chromebook Enterprise 515 melanjutkan rekam jejak Acer dalam menciptakan Chromebook layar besar pemenang penghargaan bagi pelanggan yang membutuhkan perangkat canggih untuk menangani proyek dalam bekerja, digunakan di rumah, dan bahkan bermain. Acer Chromebook Enterprise Spin 515 sangat ideal untuk bisnis yang menggunakan teknologi cloud dan bagi administrator TI untuk menerapkan, mengelola, dan mengamankan tenaga kerja berbasis cloud mereka.

Chromebook baru ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-11 dan Intel® Iris® Xe Graphics, ditambah penyimpanan PCIe NVMe hingga 512 GB dan RAM hingga 16 GB, menghadirkan kinerja responsif dan memungkinkan Chromebook untuk menyala dari mode sleep dalam waktu kurang dari satu detik. Layar besar IPS FHD 15,6 inci, tersedia dengan kemampuan multi-sentuh yang opsional, menghadirkan kemudahan dalam melakukan multi-tasking dilengkapi oleh DTS Audio untuk suara surround berkualitas tinggi dan amplifier pintar built-in untuk audio yang lebih jelas dan lantang. Teknologi konferensi canggih membantu menjaga para pekerja tetap terhubung baik saat bekerja dari kantor atau rumah, ditambah keberadaan mikrofon ganda yang membantu suara pengguna terdengar dengan jelas, sementara shutter webcam berguna untuk melindungi privasi mereka saat konferensi video selesai.

Menawarkan daya tahan kelas militer (U.S. MIL-STD 810H), Chromebook 515 dan Chromebook Enterprise 515 memiliki cover atas aluminium dan desain yang diperkuat untuk perlindungan tingkat tinggi dan tetap bergaya. Touchpad Corning® Gorilla® Glass yang halus memastikan gestur mengetuk, menggesek, dan menggulir menjadi mulus dan akurat, sementara keberadaan keypad numerik semakin menyempurnakan backlit keyboard yang sudah ada.

Selain itu, Chromebook baru 15,6 inci ini memiliki konektivitas terbaik di kelasnya dengan dua port USB 3.2 Gen 2 Tipe-C (satu di setiap sisi) untuk transfer data, pengiriman daya, dan berbagi video serta audio ke layar eksternal. Laptop ini juga mampu terhubung secara nirkabel dengan Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) dan melalui HDMI dan microSD.

Acer Chromebook 514 – Desain Premium, Didukung oleh Prosesor Octa-Core MediaTek Kompanio 828
Acer Chromebook 514 (CB514-2H/T) mengusung desain ultraportabel dengan teknologi terbaru untuk mendorong performa yang efisien dan responsif. Didukung oleh prosesor MediaTek Kompanio 828 octa-core, Chromebook ini mampu menangani semuanya mulai dari streaming hiburan hingga aplikasi multitasking dan pembuatan konten. Laptop ini memiliki daya tahan baterai sepanjang hari hingga 15 jam, dan dapat diisi dengan cepat hingga 50% dari kapasitas baterainya hanya dalam 30 menit.

Perangkat ramping ini hanya berbobot 1,3 kg dan tipisnya hanya 16,85 mm, sehingga cukup ringkas untuk dibawa ke mana saja. Cover atas aluminium yang bergaya memberikan perlindungan terhadap penyok, sementara touchpad Corning Gorilla Glass memberikan navigasi yang mulus. Layar matte 14 inci Chromebook (kemampuan multi-sentuh opsional) memiliki bezel tipis yang menonjolkan visual, sementara fitur tambahan seperti DTS Audio, backlit keyboard, dan port USB Tipe-C menjadikan Acer Chromebook 514 sebagai perangkat serba bisa.

Acer Chromebook Spin 314: Chromebook 14 inci yang Terjangkau dengan fitur OceanGlass Touchpad
Acer Chromebook Spin 314 (CP314-1H/N) dilengkapi dengan touchpad OceanGlass™ ramah lingkungan yang seluruhnya terbuat dari sampah plastik yang telah didaur ulang menjadi tekstur seperti kaca untuk memberikan umpan balik sentuhan yang halus dan responsif. Berkontribusi pada pengurangan sampah plastik di lautan, Chromebook ini juga dilengkapi dengan prosesor Intel® terbaru, hingga layar sentuh IPS FHD 14 inci[4] dengan bezel setipis 6 mm dan masa pakai baterai 10 jam yang menjadikannya pilihan yang terbaik bagi para siswa.

Chromebook baru ini juga dilengkapi berbagai pilihan konektivitas, seperti port USB 3.2 Tipe-C, dua port USB 3.2 Type-A, port HDMI dan slot MicroSD, ditambah teknologi Wi-Fi 6 dan 2×2 MU-MIMO untuk kecepatan nirkabel yang lebih tinggi.

Dukungan Chrome OS, Chrome Enterprise, dan Aplikasi
Perangkat Acer Chromebook Enterprise memberi karyawan pengalaman modern dan perangkat yang selalu cepat, memiliki keamanan bawaan, diterapkan dengan cepat, dan mengurangi total biaya kepemilikan. Chromebook Acer dengan Chrome Enterprise Upgrade membuka kemampuan bawaan Chrome OS, memungkinkan departemen TI untuk menerapkan, mengatur, dan memberi kemampuan pada tenaga kerja berbasis cloud secara aman dan efektif dari mana saja.

Semua Chromebook baru Acer mendukung penambahan aplikasi melalui Google Play dan aplikasi berbasis web, sehingga pengguna akan memiliki akses ke semua aplikasi yang mereka sukai untuk produktivitas, kreativitas, dan banyak lagi.

Harga dan Ketersediaan

Spesifikasi produk, harga dan ketersediaan akan bervariasi di masing-masing kawasan. Kunjungi www.acerid.com untuk mendapatkan informasi ketersediaan produk terbaru di Indonesia.

Pembaruan seri Acer Chromebook ini diluncurkan dalam acara [email protected] yang disiarkan secara virtual dari Taiwan. Kunjungi laman www.acer.com/nextatacer untuk mendapatkan informasi mengenai rangkaian perangkat dan solusi terbaru dari Acer untuk consumers, gamers, creators, hingga para profesional.

sumber: tabloidpulsa.id
JX Indonesia dan JDID Rangkul UMKM Kota Malang Lewat Pemanfaatan Platform Digital
14 October 2021
JX Indonesia dan JD.ID Rangkul UMKM Kota Malang Lewat Pemanfaatan Platform Digital
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)


itoday - JX Indonesia dan JD.ID, bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam melaksanakan program unggulan bertajuk “Kewirausahaan Berbasis Technopreneur”.

Didukung langsung oleh afiliasi perusahaan, JD.ID yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, kedua perusahaan (J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID) beserta para pembicara dari kementerian dan universitas nasional memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online & digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UMKM.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 kemarin yang bertempat di Hotel Ijen Suites, Kota Malang. Kegiatan ini sukses mengajak 110 pelaku UMKM di Kota Malang dan secara resmi dibuka oleh Muhamad Sailendra, ST., MM., Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang.

Secara sistematis para pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan sejumlah materi, seperti hal-nya pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Pada seremoni pembukaan, Muhamad Sailendra, ST., MM., Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakan-nya kegiatan ini, “Kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Malang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce. Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Malang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat.”

Arditiandito, Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia turut menjelaskan bahwa, “Selayaknya mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik “hulu ke hilir” bagi rekan usaha-nya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Malang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin.”

Lebih lanjut, Aryo Pri Utomo, Event, Community and Partnership J-Express (JX) Indonesia yang memberikan edukasi dan pelatihan perihal metode pembayaran cash on delivery (COD) juga menambahkan bahwa, “COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi dimana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online.”

Mencoba untuk memperkenalkan kembali JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce unggulan di Indonesia, Demas Ryan, Seller Engagement and Education Manager JD.ID menyampaikan bahwa, “Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun-ke-tahun nya. Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Malang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami “naik level”. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah.”

Andrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD Fans-pun menerangkan bahwa, “Di JD.ID tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal. JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80%, diskon khusus dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi.”

Dikarenakan tingkat antusiasme dan keikutsertaan yang tinggi dari para seller peserta di Kota Malang, J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bermaksud untuk melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai kota di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya. Sebelumnya J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID telah menggelar acara serupa di Kota Serang dan Bogor.

Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berkeinginan untuk dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UMKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan para #TemanOnlineSeller.

sumber: tabloidpulsa.id
Indosat Ooredoo Raih Peoples Choice Stevie Awards for Favorite Companies
13 October 2021
Indosat Ooredoo Raih People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies
foto: People's Choice Stevie Award (tabloidpulsa.id)


itoday - Indosat Ooredoo memenangkan People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies dalam Stevie International Business Awards (IBA) tahunan ke-18. Indosat Ooredoo menjadi satu-satunya perusahaan telekomunikasi dan berasal dari Indonesia, yang mendapat pengakuan oleh penghargaan internasional.

Penghargaan The People’s Choice Stevie untuk Favorite Companies adalah acara fitur tahunan Stevie IBA. Setiap organisasi yang dianugerahi Penghargaan Gold, Silver, atau Bronze dalam kategori Company/Organization of the Year di Stevie IBA akan secara otomatis disertakan dalam pemungutan suara untuk People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies.

Pada Stevie IBA Tahunan ke-18, Indosat Ooredoo memenangkan penghargaan global ini sebagai pengakuan atas kinerjanya yang luar biasa dalam menyediakan produk yang sederhana, transparan, dan inovatif sekaligus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dan pelanggan korporat.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan: “Kami senang telah memenangkan penghargaan internasional bergengsi ini, di mana komunitas global, pelanggan, dan pemangku kepentingan menilai Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi favorit mereka dan mengakui keberhasilan kami dalam menyediakan pengalaman digital tercanggih. Saya ingin berterima kasih kepada semua pendukung kami atas kepercayaan mereka yang berkelanjutan dan karyawan kami yang berharga atas kerja keras, komitmen, dan ketahanan mereka. Bersama-sama kita dapat mengubah Indonesia menjadi kekuatan digital di kawasan ini dan #BisaBangkitBersama keluar dari masa-masa yang penuh tantangan ini.”

Sebelumnya, Indosat Ooredoo menerima tiga penghargaan bergengsi di Stevie IBA edisi 2021, termasuk dua penghargaan Gold Stevie. Perusahaan memenangkan Gold Stevie untuk ‘Perusahaan Telekomunikasi Tahun Ini’ sebagai pengakuan atas keberhasilan strategi transformasi dan kinerja keuangannya yang luar biasa dalam secara konsisten memberikan pertumbuhan pendapatan yang mengungguli industri.

Sementara President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama juga dianugerahi Gold Stevie untuk ‘Executive of the Year – Telekomunikasi’ sebagai pengakuan atas kepemimpinannya yang luar biasa meskipun menghadapi tantangan berkelanjutan yang diciptakan oleh pandemi COVID-19.

Pemungutan suara untuk People’s Choice Stevie Awards for Favourite Companies dibuka untuk masyarakat umum di seluruh dunia dari Agustus hingga September 2021. Para pemenang People’s Choice Stevie Awards akan dirayakan pada acara penghargaan virtual untuk IBA 2021 pada Rabu, 8 Desember.

sumber: tabloidpulsa.id