Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Mengenal Identitas Digital untuk Perlindungan Data Pribadi
04 September 2021
Mengenal Identitas Digital untuk Perlindungan Data Pribadi
foto: ilustrasi (ist)


itoday - Di era serba digital saat ini, semua dituntut untuk bertransformasi ke ranah digital yang melalui teknologi akan menghadirkan keamanan data, dan salah satu bentuk manifestasi atas kepercayaan dan keamanan tersebut terwujud dalam identitas digital yang terverifikasi sebagai instrumen untuk membuktikan eksistensi seseorang di ranah digital. Terlebih di tengah kondisi saat ini, ketika adanya keterbatasan dalam berinteraksi dan bertransaksi tanpa bertatap muka atau minim sentuhan, industri teknologi dan pemerintah diharapkan hadir memberikan solusi untuk perlindungan data pribadi dan menyediakan sistem keamanan digital yang mumpuni.

Dalam menjawab peran aktif industri tersebut, PT Indonesia Digital Identity (VIDA) berkolaborasi dengan Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) mengadakan pelatihan media (media clinic) berisikan edukasi dan sosialisasi terkait pemahaman akan identitas digital, perlindungan data pribadi, dan keamanan siber.

Ardi Sutedja, Ketua dan Pendiri Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) menjelaskan tujuan kegiatan ICSF ini adalah sebagai tindak lanjut peran aktif masyarakat melalui organisasi/komunitas dalam mendampingi pemerintah Indonesia untuk memberikan edukasi tentang keamanan siber kepada masyarakat Indonesia. “Kami menyadari bahwa kesadaran akan keamanan siber dan perlindungan data pribadi merupakan elemen kunci untuk keamanan digital. masyarakat membutuhkan rasa aman dan kepastian hukum di ranah siber, seperti di kehidupan nyata. Terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, ketergantungan masyarakat terhadap kegiatan di ranah digital semakin tinggi. Dengan begitu, ekspektasi publik terhadap rasa aman di ranah siber pun menjadi semakin tinggi. Disinilah peran kami membantu masyarakat agar lebih peka terhadap perlindungan identitas digital mereka,”

Seiring perkembangan ekosistem digital secara masif dapat membentuk budaya digital yang perlu antisipasi akan ancaman penggunaannya. Kebocoran data paling sering terjadi karena beberapa penyebab, antara lain kurangnya pemahaman terkait perlindungan data dan privasi, tidak adanya enkripsi data, lemahnya sistem proteksi atas perangkat portabel yang digunakan untuk menyimpan data, dan ketiadaan pihak ketiga yang siap membantu menangani kebocoran data secara profesional.

Sati Rasuanto, CEO PT Indonesia Digital Identity (VIDA) menjelaskan bahwa sangat penting membangun kepercayaan terhadap ekosistem digital (digital trust) untuk membantu menjamin keberlangsungan dari penggunaan dan interaksi masyarakat dengan teknologi. Oleh karena itu VIDA sebagai salah satu perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang sudah berinduk di bawah Kominfo hadir untuk mengakselerasi dunia digital di Indonesia, membantu meningkatkan perlindungan data pribadi serta keamanan siber melalui solusi teknologi yang terpercaya, dan mendukung target pemerintah untuk mencapai inklusi keuangan.

VIDA merupakan digital trust provider yang memberikan solusi untuk menjadi jawaban dari tantangan yang dihadapi keamanan siber pada masa sekarang. VIDA memberikan solusi untuk manajemen akses, verifikasi dan otentikasi identitas, serta tanda tangan elektronik tersertifikasi berbasis sertifikat elektronik.

“Keamanan data dan kenyamanan menjadi nilai utama dalam layanan VIDA. Saat ini VIDA menjadi satu-satunya PSrE yang juga telah memiliki sertifikasi global WebTrust untuk penerapan standar keamanan internet, dan menerapkan face biometric dalam melakukan verifikasi dan otentikasi untuk memberikan kemudahan dan

kenyamanan untuk pengguna. Tanda tangan Elektronik VIDA juga menjadi satu-satunya yang dikenali di lebih dari 40 negara, karena VIDA adalah PSrE pertama dari indonesia yang masuk di dalam Adobe Approved Trust List (AATL),” ujar Sati.

Novel Ariyadi, Direktur Cyber Security BDO Indonesia dan Co-Founder Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) yang turut hadir sebagai narasumber mengatakan “Untuk sertifikat elektronik, kita telah memiliki tata kelola sertifikat elektronik berbasis infrastruktur kunci publik (public key infrastructure) yang mengatur RootCA dan industri PSrE/CA (Penyelenggara Sertifikat Elektronik/Certificate Authority) yang menjadi dasar identitas digital yang berlaku di Indonesia. Meskipun begitu, kita masih harus imbangi dengan UU yang melindungi perlindungan data pribadi dan keamanan siber sehingga keamanan negara dan masyarakat di dunia siber dapat lebih terjamin.”

Inovasi dan teknologi yang ditawarkan oleh penyelenggara sertifikasi elektronik di Indonesia, termasuk VIDA, diharapkan dapat mendukung transformasi digital, terutama dari sisi keamanan dan privasi informasi dengan memanfaatkan identitas tersertifikasi secara digital yang aman dan terpercaya.

sumber: tabloidpulsa.id
Beredar Surat Vaksin Jokowi Lengkap dengan NIK Istana Segera Lakukan Langkah Khusus
03 September 2021
Beredar Surat Vaksin Jokowi Lengkap dengan NIK, Istana: Segera Lakukan Langkah Khusus!
foto: Fadjroel Rachman (antara)


itoday - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyayangkan terkait beredarnya Nomor induk kependudukan (NIK) Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui sertifikat vaksin di PeduliLindungi.

Data diri Jokowi itu bocor dan viral di media sosia. Bahkan seorang warganet mengunggah sertifikat vaksin Jokowi yang lengkap dengan NIK, tanggal lahir dan keterangan vaksinasi dosis kedua.

"Menyayangkan kejadian beredarnya data pribadi tersebut," ujar Fadroel saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (3/9/2021).

Ia pun berharap pihak terkait melakukan langkah-langkah khusus agar tak terjadi kejadian serupa. Hal tersebut agar data milik masyarakat terlindungi.

"Berharap pihak terkait segera melakukan langkah khusus untuk mencegah kejadian serupa termasuk melindungi data milik masyarakat," katanya.

Viral

Diketahui, surat keterangan vaksinasi Covid-19 itu milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa dilihat secara umum melalui PeduliLindungi. Hal itu terungkap setelah seorang warganet mengunggah tangkapan layar surat vaksinasi milik Jokowi di media sosia, Twitter.

Dari unggahannya tersebut, terpampang jelas identitas lengkap Jokowi mulai dari nama, tanggal lahir hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK). Barcode dua dimensi atau akrab dikenal dengan quick response code (QR code) juga terpampang tanpa disensor oleh pengunggahnya.

Selain itu, terdapat pula keterangan bahwa Jokowi sudah menjalani vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua pada 27 Januari 2021.

Terlihat dari aktivitasnya, pengunggah dapat bebas mengakses sertifikat vaksin milik orang lain. Terbukti halnya ia bisa memeriksa sertifikat milik Jokowi.

sumber: suara.com
Xiaomi Resmi Daftarkan Perusahaan Kendaraan Listrik Pintar Xiaomi EV
02 September 2021
Xiaomi Resmi Daftarkan Perusahaan Kendaraan Listrik Pintar: Xiaomi EV
foto: ilustrasi (ist)

itoday - Xiaomi telah merampungkan pendaftaran unit bisnis kendaraan listrik pintar bernama Xiaomi EV dengan modal investasi awal yang terdaftar sebesar 10 miliar yuan. Langkah ini menjadi tonggak penting realisasi inisiatif kendaraan listrik pintar dari Xiaomi yang sudah masuk fase pengembangan.

Pada akhir Maret 2021, CEO dan Pendiri Xiaomi Lei Jun mengumumkan inisiatif bisnis kendaraan listrik dan komitmen Xiaomi untuk menginvestasikan sekitar 10 miliar USD dalam 10 tahun mendatang. Lei Jun sendiri telah resmi menjadi kuasa hukum Xiaomi EV dan akan secara langsung memimpin tim produksi. Ini merupakan bukti komitmen, tekad, dan keyakinan untuk memperjuangkan perkembangan bisnis kendaraan listrik di dunia.

Telah muncul harapan yang tinggi bagi Xiaomi untuk merevitalisasi industri otomotif dengan inovasi dan teknologi terdepan. Untuk ini, dalam kurun waktu lima bulan sejak inisiasi bisnis diumumkan, tim Xiaomi EV telah melakukan lebih dari 2.000 survei dan mengunjungi 10 pelaku industri untuk memahami rantai industri secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar Xiaomi dapat merumuskan produk akhir dan formasi tim yang tepat untuk mengembangkan Xiaomi EV.

Dalam pertemuan laporan pendapatan Q2 2021, Presiden Xiaomi Wang Xiang mengungkapkan bahwa Xiaomi telah menerima sambutan luar biasa dari para pelaku industri otomotif melalui 20.000 aplikasi kerja yang menunjukkan minat untuk bergabung bersama perusahaan. Xiaomi sendiri mencatat total pendapatan 87,8 miliar yuan atau setara pertumbuhan 64% year-on-year di Q2 2021, dan laba yang disesuaikan pada periode yang sama sebesar 6,3 miliar yuan, tumbuh 87,4% year-on-year. Keduanya memecahkan rekor hasil usaha Xiaomi selama ini.

Selain itu, sejak 25 Agustus, Xiaomi telah mengumumkan langkah perusahaan mengakuisisi perusahaan teknologi kendaraan otonom Deepmotion Tech. Ini menunjukan kesiapan dan fokus Xiaomi membangun teknologi otomotif bersama dengan jajaran tenaga ahli terdepan di bidangnya. Dengan sekitar 16.000 insinyur yang didukung dana penelitian 10 miliar yuan di tahun 2020, Xiaomi percaya diri dapat mengumpulkan tenaga ahli terbaik untuk mendatangkan inovasi Artificial intelligence (AI), material produk, dan teknologi lain yang akan mendukung pengembangan Xiaomi EV.

Saat ini tim pengembangan Xiaomi EV tumbuh dengan cepat dan masih membuka kesempatan bagi individu berbakat di dunia untuk bergabung. Dengan sejumlah pencapaian yang dicatatkan Xiaomi di lima bulan sejak inisiasi diluncurkan, Xiaomi membuktikan kesiapannya untuk memulai perjalanan baru bersama teknologi, inovasi, dan performa Xiaomi EV yang patut dinantikan masyarakat dunia.

sumber: tabloidpulsa.id
Intel Gamer Days 2021 Akan Segera Dibuka
01 September 2021
Intel Gamer Days 2021 Akan Segera Dibuka
foto: Intel Games Days (tabloidpulsa.id)


itoday - Tahun ini, Intel akan segera menggelar turnamen E-sport tahunan Intel Gamer Days 2021, yang akan dilaksanakan dari tanggal 8-12 September 2021 mendatang secara virtual.

Dalam upaya untuk mendukung industri digital dan giat inovasi dalam membentuk masa depan teknologi, Intel menyediakan wadah ini bagi para generasi muda gamers di Indonesia untuk berkarya dan menunjukkan potensinya dalam ajang E-sport ini.

Pada kesempatan kali ini, Intel juga akan memperkenalkan prosesor desktop generasi ke-11 terbarunya, Intel 11th Gen Series, yang telah diluncurkan pada bulan Juli lalu untuk membantu para gamers menjadi versi terbaik dirinya sendiri secara kompetitif, sosial dan kreatif. Dengan performa tertinggi (highest performance) yang cocok bagi para gamers dan graphic creators dalam bermain game atau mengedit grafis, performa Intel 11th Gen Series juga akan ditonjolkan pada saat ajang Intel Gamers Day 2021 nanti.

Sebagai perusahaan yang mengedepankan inovasi dan berupaya meningkatkan produktivitas pengguna, Intel pun mengajak generasi muda kreatif Indonesia untuk ikut menorehkan prestasi dan kontribusi dalam turnamen Intel Gamer Days 2021 yang akan datang.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan selama Intel Gamer Days 2021, berjudul Build Up Your Game Dota 2 Tournament yang akan datang. Registrasi dimulai sejak 27 Agustus-6 September 2021. Turnamen dimulai dengan sesi Fun Match (8-9 September 2021) yang akan dilakukan dengan sistem best of one atau sistem gugur, menjadi tahapan pertama untuk menyaring peserta yang akan berlaga di babak selanjutnya. Peserta yang berhasil kemudian akan berlaga di tahap Semi Final 1 dan 2 yang akan diselenggarakan dengan sistem best of three, pada tanggal 10 September 2021.

Bronze dan Grand Final akan diadakan dengan sistem best of three sebagai tahap penutup, pada tanggal 12 September 2021. Selama turnamen ini berlangsung, Intel juga memberikan coaching clinic di tanggal 11 September 2021, pada finalist dari Intel Gamer Days 2021, yang akan dilatih oleh pro-player dan perwakilan dari Asus dan Acer. Sesi ini juga akan disiarkan secara LIVE untuk umum, dan tidak hanya akan menjelaskan mengenai prosesor Intel 11th Gen Core H-series terbaru secara detail, tetapi juga akan ada sesi tanya-jawab yang dapat diajukan para gamers yang dapat ditonton secara LIVE bagi yang penasaran.

Sejumlah 64 tim yang akan berlaga dalam game DOTA 2 untuk menangkan total hadiah puluhan juta rupiah dan laptop Intel 11th Gen Series. Intel Gamer Days 2021 juga didukung oleh Asus ROG, Acer Predator, dan Blibli, dan dapat disaksikan juga di RevivalTV.

sumber: tabloidpulsa.id
Keseruan Liga Inggris EPL Hadir di Layar Besar Samsung Smart TV
28 August 2021
Keseruan Liga Inggris (EPL) Hadir di Layar Besar Samsung Smart TV
foto: Premier League (tabloidpulsa.id)


itoday - Salam olahraga, hai para penggemar sepak bola Liga Inggris Indonesia, ada kabar baik nih. Khususnya untuk Anda yang tengah berniat membali Smart TV SAMsung dalam waktu dekat. Pasalnya, Samsung Electronics Indonesia baru saja mengumumkan kerjasama dengan Mola, agar konsumen dapat menikmati streaming konten Mola dengan imersif di layar besar Samsung TV.

Dengan aplikasi Mola yang dapat langsung diakses dari menu utama TV dan inovasi teknologi Samsung Smart TV 4K, penikmat layanan Mola akan mendapat kemudahan menikmati tayangan English Premier League dan konten hiburan favorit lain dalam kualitas visual yang imersif dan sound yang lebih baik.

Jadi buat Anda yang kebetulan berencana melakukan pembelian Samsung Smart TV terbaru, catat ya! Hingga 30 September 2021, Samsung memberikan special price, bundling produk Samsung senilai hingga Rp 12 juta, dan gratis paket 3 bulan langganan Entertainment & Sport Double Stream in 4K di Mola.

Dengan paket ini pengguna akan menikmati seluruh konten Movies, Living, Kids, dan Sports di Mola dalam resolusi HD dan 4K yang bisa diakses pada dua device.

“Di masa sekarang, orang-orang lebih banyak beraktivitas di rumah, dari bekerja hingga menikmati hiburan bersama orang terkasih, termasuk bersantai dengan menonton pertandingan olahraga, film atau serial favorit mereka. Seiring dengan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang, Samsung senantiasa menghadirkan inovasi yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Untuk itu Samsung bangga menghadirkan Mola ke koleksi aplikasi VOD di Samsung Smart TV bagi konsumen Indonesia. Menghadirkan konten-konten terbaik di Mola pada kualitas yang sesungguhnya, bahkan bisa di-upscale ke resolusi yang lebih tinggi secara otomatis sehingga tontonan menjadi lebih hidup dan tampil jernih di layar Samsung Smart TV. Pengguna akan terhanyut ke tontonan yang seru, bagai menghadirkan bioskop atau stadion di rumah mereka sendiri,” ucap Simon Sim, Consumer Electronics Business Head, Samsung Electronics Indonesia.

“Mola berkomitmen dalam menghadirkan konten hiburan berkualitas yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Kini Mola dapat diakses lebih mudah melalui Samsung Smart TV. Baik itu koleksi film, acara musik mau pun olahraga, seluruhnya dapat ditonton dalam kualitas visual dan sound terbaik, sebagai hiburan terbaik bagi seluruh keluarga,” tutur Mirwan Suwarso, perwakilan Mola.

Realisme yang Memanjakan Mata

Pembatasan sosial telah membuat peningkatan penggunaan layanan streaming dan Video on Demand meningkat. Selaras dengan perkembangan ini konsumen pun semakin menginginkan perangkat yang menyajikan konten tersebut dalam kualitas yang prima sehingga pengalaman menonton mereka semakin menyenangkan.

Samsung menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan Smart TV dalam variasi ukuran yang lengkap sesuai kebutuhan dan selera konsumen. Samsung Smart TV 4K berukuran 75 atau 85 inci pun mampu menampilkan berbagai konten dalam resolusi 4K dengan mulus, terlepas dari resolusi aslinya.

Semua warna kaya, detail, akurat dan hidup. Pengguna dapat melihat semuanya dengan jelas, mulai dari nomor punggung pencetak gol di pertandingan live di Premier League, melihat dari dekat bahan-bahan resep menarik dalam program kuliner, sampai dengan konten-konten edukatif yang menarik untuk anak-anak di Mola.

Semua itu dimungkinkan berkat teknologi pemrosesan gambar yang luar biasa pada Samsung Smart TV. Samsung Neo QLED 4K TV hadir dengan kombinasi Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor 4K untuk mengontrol pencahayaan sehingga pengguna akan mendapatkan gambar yang mendetail, dan upscaling berbasis AI yang meningkatkan konten dari kualitas SD, HD, atau Full HD, menjadi kualitas Ultra HD (4K) dengan melakukan perbaikan pada kualitas gambar, menghilangkan noise, sehingga pengguna akan menikmati konten 4K yang jernih. Neo QLED 4K TV juga hadir dengan Quantum HDR (baik 32x dan 24x) untuk menghadirkan konten dengan warna-warna yang kaya dan hidup.

Adapun Samsung Crystal UHD TV dirancang dengan teknologi Dynamic Crystal Color yang menjadi pondasi bagi fitur Contrast Enhancer dan High Dynamic Range untuk mengatur tingkat kontras, depth, dan level warna untuk menampilkan ekspresi warna yang kaya dan hidup. Crystal Processor 4K juga dapat melakukan upscaling sehingga konten beresolusi standar atau HD bisa dinikmati dalam kualitas 4K yang jernih dan memanjakan mata.

Menghadirkan Bioskop dan Stadion di Rumah Anda

Kombinasi layar yang luas, kualitas gambar yang jernih dengan warna-warna sebening kristal perlu disertai dengan sound yang memukau untuk menghadirkan pengalaman menonton yang imersif. Itulah yang dihadirkan oleh Samsung Smart TV sehingga pengguna Mola akan sangat menikmati konten apapun yang mereka tonton. Anda seakan berada di stadion dan larut dalam sorak-sorai penonton yang mendebarkan saat pluit kick off dibunyikan, atau seakan berada di bioskop dan larut dalam scene demi scene film favorit Anda.

Samsung Neo QLED 4K TV memiliki teknologi Object Tracking Sound Plus atau OTS+ untuk menghadirkan 3D sound yang sangat realistis dan selaras dengan adegan di scene yang sedang ditampilkan, sehingga pengguna seakan-akan berada di tengah-tengah aksi yang sedang berlangsung. Samsung Crystal UHD TV hadir dengan fitur Adaptive Sound yang akan menganalisis scene/konten yang sedang ditayangkan untuk mengoptimalkan sound. Tak ketinggalan Object Tracking Sound (OTS) Lite untuk menghadirkan 3D surround sound dan suara yang bergerak menurut aksi yang ditayangkan. Kedua tipe TV ini pun dilengkapi Q-Symphony yang membuat speaker TV berharmonisasi dengan soundbar untuk menghasilkan sound yang lebih kaya. Jika TV konvensional akan mematikan speakernya saat soundbar dinyalakan, Samsung Neo QLED 4K TV dan Crystal UHD TV akan tetap menyalakan speakernya untuk bekerja sama dengan Samsung Q-Soundbar.

Nonton Maraton, Mata Aman dan Nyaman

Menonton pertandingan olahraga atau film secara marathon atau dalam jangka waktu lama dapat membuat mata menjadi tidak nyaman, apalagi ketika kita menonton pertandingan live di dini hari.

Namun kini inovasi Samsung telah melahirkan teknologi layar yang tidak hanya mampu menampilkan tayangan yang hidup dan penuh warna, tapi juga aman bagi mata. Untuk pertama kalinya di industri, lini produk Samsung Neo QLED 4K TV telah meraih sertifikasi ‘Eye Care’ lengkap dari Verband Deutscher Elektrotechniker (VDE), sebuah lembaga sertifikasi dari Jerman, meliputi predikat ‘Safety for Eyes’ dan ‘Gentle to the eyes’.

Sertifikasi ‘Safety for Eyes’ diberikan sebab Samsung TV memiliki tingkat emisi Blue Light, sinar ultraviolet, dan sinar infra merah yang termasuk dalam kategori aman menurut International Electrotechnical Commission (IEC).

Sementara sertifikasi ‘Gentle to the eyes’ membuktikan bahwa cahaya dari Samsung TV aman terhadap melatonin, yaitu hormon yang mengatur ritme sirkadian atau ritme biologis tubuh manusia. Anda tetap nyaman melakukan binge watching serial favorit atau bergadang menyaksikan pertandingan dari club kesayangan.

Desain Elegan dan Percantik Rumah

Berapa ukuran TV yang pas untuk menonton? Sekarang saatnya mempertimbangkan TV layar besar. Layar TV seluas 75 inci atau lebih memang belum sama maraknya seperti ukuran 50 inci. Akan tetapi, penambahan 20 inci ini akan membuat Anda terhanyut dalam tontonan. Saat berada di rumah pun, Anda dapat membawa dunia di luar seolah masuk ke ruang keluarga. Gambar yang di-upscale ke 4K dengan mulus, audio yang memukau, ditambah desain TV yang ramping, semua mendukung keseruan menikmati konten.

Samsung Neo QLED 4K TV hadir dalam profil yang elegan dan ramping berkat desain NeoSlim. Desain ini menghadirkan TV yang anggun, tipis, dan terlihat cantik dipandang dari semua sudut, tak ubahnya sebuah karya seni. Adapun Samsung Crystal UHD TV hadir dengan desain AirSlim yang langsing, elegan, dan minimalis. TV ini juga hadir dengan layar yang bezel-less di tiga sisi dan stand yang bisa diatur sehingga pengguna bisa mengatur ketinggian maupun space-nya atau memasangnya dengan mudah di dinding.

Samsung Neo QLED 8K TV tersedia pada harga Rp 44.000.000 – 155.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Samsung Neo QLED 4K TV tersedia pada harga Rp 9.000.000 – 70.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Samsung Crystal UHD TV tersedia pada harga Rp 5.900.000 – 42.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Khusus akhir pekan ini hingga 29 Agustus 2021, pembelian Samsung Neo QLED dan QLED tipe tertentu di toko online Samsung.com akan mendapatkan potongan harga hingga 30% dan bonus Logitech Webcam.

sumber: tabloidpulsa.id
1121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
27 August 2021
1.121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
foto: Studi Independen Microsoft (tabloidpulsa.id)


Microsoft Indonesia resmi memulai program Studi Independen Bersertifikat Microsoft, sebuah program yang menyiapkan 1.121 mahasiswa dari 235 kampus di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi digital di bidang Produktivitas, Cloud, serta Data and AI, agar dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Ke-1.121 mahasiswa tersebut terpilih dari 6.000 mahasiswa yang mendaftar. Pemilihan dilakukan dengan mempertimbangkan variasi jurusan mahasiswa, agar peningkatan kapasitas digital dapat dilakukan secara inklusif, dan pemanfaatan teknologi dapat diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan.

Berjalan sebagai bagian dari inisiatif Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, program Studi Independen Bersertifikat Microsoft ini akan mengkonversi 20 sks kuliah mahasiswa, dengan kelulusan didasarkan pada keberhasilan mengambil sertifikasi di akhir periode pembelajaran, serta capstone project yang mereka tuntaskan di bulan Desember mendatang.

“Kami sangat senang melihat tingginya partisipasi mahasiswa di SIB Microsoft karena keterampilan digital memainkan peranan yang krusial bagi tingkat adaptasi kita di era berbasis cloud saat ini. Indonesia sendiri masih membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun. Adanya program ini akan membantu mencapai target tersebut,“ ujar Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam implementasinya, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari tenaga pengajar ahli yang telah ditunjuk Microsoft Indonesia, yaitu MIC Enterprise, selama empat bulan. Pendampingan dilakukan melalui kelas virtual serta tugas proyek yang dirancang sesuai dengan tantangan/kebutuhan industri saat ini. Misalnya, kelas produktivitas akan menugaskan mahasiswa untuk menghadirkan solusi teknis terhadap suatu permasalahan bisnis dengan menggunakan Microsoft 365, kelas cloud akan meminta mahasiswa merancang learning management system yang di-hosting dalam bentuk VM ataupun Azure website, sementara kelas Data and AI akan meminta mahasiswa mengembangkan sebuah dasbor yang memanfaatkan kecerdasan buatan dengan menerapkan solusi Cortana Intelligence Suite atau Cognitive Services.

Ning Qulyati, Community and Education Manager MIC Enterprise,mengatakan, “Secara jangka pendek, kelas dan proyek yang diberikan akan meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk bisa lulus sertifikasi Microsoft. Sementara secara jangka panjang, sertifikasi akan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja. Mendapatkan sertifikasi Microsoft tidaklah mudah karena ujian yang diberikan mencakup materi yang sangat komprehensif. Oleh karena itu, dengan bermitra bersama Microsoft di program SIB sebagai pengajar, kami berharap dapat ikut memberdayakan mahasiswa dan menyiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik”.

Seiring dengan perkembangan industri, sertifikasi telah menjadi nilai tambah nyata karena mampu memberikan gambaran atas keterampilan khusus pencari kerja, serta menunjukkan kegigihan mereka dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Bagi para pengusaha, sertifikasi juga tidak kalah penting karena dapat membekali mereka dengan berbagai keterampilan yang dapat mendukung pengembangan bisnis, seperti keterampilan teknologi bagi perusahaan yang dibangun dan berkembang di cloud.

Komitmen Keberlanjutan Microsoft di Bidang Keterampilan Digital

Partisipasi Microsoft Indonesia di SIB merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk menambah pelatihan bagi tiga juta orang hingga akhir tahun 2021 mendatang. Selain SIB, Microsoft juga melakukan berbagai program pelatihan lain, seperti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melatih sekitar 2.000 orang di Digital Talent Scholarship Professional Academy dan Fresh Graduate Academy (Mei – Agustus 2021), bekerja sama dengan 15 universitas negeri dan swasta dalam menyiapkan sertifikasi bagi 3.300 mahasiswanya (Januari – Juli 2021), serta bermitra dengan JA Asia Pacific dan Cloudswyft untuk melatih 10.000 talenta Indonesia.

“Keterampilan digital adalah fondasi dari seluruh transformasi digital yang tengah berlangsung. Sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 yang salah satu sektor strategisnya mencakup masyarakat digital, kami ingin memastikan dapat berkontribusi terhadap realisasi roadmap tersebut. Sebab, membangun talenta digital adalah tugas yang perlu kita kerjakan bersama dan menjadi salah satu langkah utama untuk mempercepat transformasi digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia Microsoft,” ujar Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Di luar kerja sama yang Microsoft lakukan dengan berbagai komunitas serta institusi, Microsoft juga membuka kesempatan kepada siapa saja untuk meningkatkan keterampilan digital dan memperoleh sertifikasi teknologi secara mandiri melalui Indonesia Belajar Microsoft Cloud. Sejak dibuka pada Oktober 2020 lalu, lebih dari 4.000 orang telah mengikuti berbagai pelatihan yang ada, sesuai kebutuhan dan minatnya masing-masing.

Tebaru, Microsoft juga telah menghadirkan versi Bahasa Indonesia untuk berbagai materi fundamental cloud Microsoft Azure di Microsoft Learn, agar lebih banyak masyarakat Indonesia dapat memiliki kompetensi seputar cloud yang merupakan landasan dari berbagai transformasi digital saat ini.

Baik Indonesia Belajar Microsoft Cloud maupun Microsoft Learn dapat diakses sepanjang tahun. Siapapun yang berminat dapat langsung mendaftarkan diri.

sumber: tabloidpulsa.id