Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Intel Gamer Days 2021 Akan Segera Dibuka
01 September 2021
Intel Gamer Days 2021 Akan Segera Dibuka
foto: Intel Games Days (tabloidpulsa.id)


itoday - Tahun ini, Intel akan segera menggelar turnamen E-sport tahunan Intel Gamer Days 2021, yang akan dilaksanakan dari tanggal 8-12 September 2021 mendatang secara virtual.

Dalam upaya untuk mendukung industri digital dan giat inovasi dalam membentuk masa depan teknologi, Intel menyediakan wadah ini bagi para generasi muda gamers di Indonesia untuk berkarya dan menunjukkan potensinya dalam ajang E-sport ini.

Pada kesempatan kali ini, Intel juga akan memperkenalkan prosesor desktop generasi ke-11 terbarunya, Intel 11th Gen Series, yang telah diluncurkan pada bulan Juli lalu untuk membantu para gamers menjadi versi terbaik dirinya sendiri secara kompetitif, sosial dan kreatif. Dengan performa tertinggi (highest performance) yang cocok bagi para gamers dan graphic creators dalam bermain game atau mengedit grafis, performa Intel 11th Gen Series juga akan ditonjolkan pada saat ajang Intel Gamers Day 2021 nanti.

Sebagai perusahaan yang mengedepankan inovasi dan berupaya meningkatkan produktivitas pengguna, Intel pun mengajak generasi muda kreatif Indonesia untuk ikut menorehkan prestasi dan kontribusi dalam turnamen Intel Gamer Days 2021 yang akan datang.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan selama Intel Gamer Days 2021, berjudul Build Up Your Game Dota 2 Tournament yang akan datang. Registrasi dimulai sejak 27 Agustus-6 September 2021. Turnamen dimulai dengan sesi Fun Match (8-9 September 2021) yang akan dilakukan dengan sistem best of one atau sistem gugur, menjadi tahapan pertama untuk menyaring peserta yang akan berlaga di babak selanjutnya. Peserta yang berhasil kemudian akan berlaga di tahap Semi Final 1 dan 2 yang akan diselenggarakan dengan sistem best of three, pada tanggal 10 September 2021.

Bronze dan Grand Final akan diadakan dengan sistem best of three sebagai tahap penutup, pada tanggal 12 September 2021. Selama turnamen ini berlangsung, Intel juga memberikan coaching clinic di tanggal 11 September 2021, pada finalist dari Intel Gamer Days 2021, yang akan dilatih oleh pro-player dan perwakilan dari Asus dan Acer. Sesi ini juga akan disiarkan secara LIVE untuk umum, dan tidak hanya akan menjelaskan mengenai prosesor Intel 11th Gen Core H-series terbaru secara detail, tetapi juga akan ada sesi tanya-jawab yang dapat diajukan para gamers yang dapat ditonton secara LIVE bagi yang penasaran.

Sejumlah 64 tim yang akan berlaga dalam game DOTA 2 untuk menangkan total hadiah puluhan juta rupiah dan laptop Intel 11th Gen Series. Intel Gamer Days 2021 juga didukung oleh Asus ROG, Acer Predator, dan Blibli, dan dapat disaksikan juga di RevivalTV.

sumber: tabloidpulsa.id
Keseruan Liga Inggris EPL Hadir di Layar Besar Samsung Smart TV
28 August 2021
Keseruan Liga Inggris (EPL) Hadir di Layar Besar Samsung Smart TV
foto: Premier League (tabloidpulsa.id)


itoday - Salam olahraga, hai para penggemar sepak bola Liga Inggris Indonesia, ada kabar baik nih. Khususnya untuk Anda yang tengah berniat membali Smart TV SAMsung dalam waktu dekat. Pasalnya, Samsung Electronics Indonesia baru saja mengumumkan kerjasama dengan Mola, agar konsumen dapat menikmati streaming konten Mola dengan imersif di layar besar Samsung TV.

Dengan aplikasi Mola yang dapat langsung diakses dari menu utama TV dan inovasi teknologi Samsung Smart TV 4K, penikmat layanan Mola akan mendapat kemudahan menikmati tayangan English Premier League dan konten hiburan favorit lain dalam kualitas visual yang imersif dan sound yang lebih baik.

Jadi buat Anda yang kebetulan berencana melakukan pembelian Samsung Smart TV terbaru, catat ya! Hingga 30 September 2021, Samsung memberikan special price, bundling produk Samsung senilai hingga Rp 12 juta, dan gratis paket 3 bulan langganan Entertainment & Sport Double Stream in 4K di Mola.

Dengan paket ini pengguna akan menikmati seluruh konten Movies, Living, Kids, dan Sports di Mola dalam resolusi HD dan 4K yang bisa diakses pada dua device.

“Di masa sekarang, orang-orang lebih banyak beraktivitas di rumah, dari bekerja hingga menikmati hiburan bersama orang terkasih, termasuk bersantai dengan menonton pertandingan olahraga, film atau serial favorit mereka. Seiring dengan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang, Samsung senantiasa menghadirkan inovasi yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Untuk itu Samsung bangga menghadirkan Mola ke koleksi aplikasi VOD di Samsung Smart TV bagi konsumen Indonesia. Menghadirkan konten-konten terbaik di Mola pada kualitas yang sesungguhnya, bahkan bisa di-upscale ke resolusi yang lebih tinggi secara otomatis sehingga tontonan menjadi lebih hidup dan tampil jernih di layar Samsung Smart TV. Pengguna akan terhanyut ke tontonan yang seru, bagai menghadirkan bioskop atau stadion di rumah mereka sendiri,” ucap Simon Sim, Consumer Electronics Business Head, Samsung Electronics Indonesia.

“Mola berkomitmen dalam menghadirkan konten hiburan berkualitas yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Kini Mola dapat diakses lebih mudah melalui Samsung Smart TV. Baik itu koleksi film, acara musik mau pun olahraga, seluruhnya dapat ditonton dalam kualitas visual dan sound terbaik, sebagai hiburan terbaik bagi seluruh keluarga,” tutur Mirwan Suwarso, perwakilan Mola.

Realisme yang Memanjakan Mata

Pembatasan sosial telah membuat peningkatan penggunaan layanan streaming dan Video on Demand meningkat. Selaras dengan perkembangan ini konsumen pun semakin menginginkan perangkat yang menyajikan konten tersebut dalam kualitas yang prima sehingga pengalaman menonton mereka semakin menyenangkan.

Samsung menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan Smart TV dalam variasi ukuran yang lengkap sesuai kebutuhan dan selera konsumen. Samsung Smart TV 4K berukuran 75 atau 85 inci pun mampu menampilkan berbagai konten dalam resolusi 4K dengan mulus, terlepas dari resolusi aslinya.

Semua warna kaya, detail, akurat dan hidup. Pengguna dapat melihat semuanya dengan jelas, mulai dari nomor punggung pencetak gol di pertandingan live di Premier League, melihat dari dekat bahan-bahan resep menarik dalam program kuliner, sampai dengan konten-konten edukatif yang menarik untuk anak-anak di Mola.

Semua itu dimungkinkan berkat teknologi pemrosesan gambar yang luar biasa pada Samsung Smart TV. Samsung Neo QLED 4K TV hadir dengan kombinasi Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor 4K untuk mengontrol pencahayaan sehingga pengguna akan mendapatkan gambar yang mendetail, dan upscaling berbasis AI yang meningkatkan konten dari kualitas SD, HD, atau Full HD, menjadi kualitas Ultra HD (4K) dengan melakukan perbaikan pada kualitas gambar, menghilangkan noise, sehingga pengguna akan menikmati konten 4K yang jernih. Neo QLED 4K TV juga hadir dengan Quantum HDR (baik 32x dan 24x) untuk menghadirkan konten dengan warna-warna yang kaya dan hidup.

Adapun Samsung Crystal UHD TV dirancang dengan teknologi Dynamic Crystal Color yang menjadi pondasi bagi fitur Contrast Enhancer dan High Dynamic Range untuk mengatur tingkat kontras, depth, dan level warna untuk menampilkan ekspresi warna yang kaya dan hidup. Crystal Processor 4K juga dapat melakukan upscaling sehingga konten beresolusi standar atau HD bisa dinikmati dalam kualitas 4K yang jernih dan memanjakan mata.

Menghadirkan Bioskop dan Stadion di Rumah Anda

Kombinasi layar yang luas, kualitas gambar yang jernih dengan warna-warna sebening kristal perlu disertai dengan sound yang memukau untuk menghadirkan pengalaman menonton yang imersif. Itulah yang dihadirkan oleh Samsung Smart TV sehingga pengguna Mola akan sangat menikmati konten apapun yang mereka tonton. Anda seakan berada di stadion dan larut dalam sorak-sorai penonton yang mendebarkan saat pluit kick off dibunyikan, atau seakan berada di bioskop dan larut dalam scene demi scene film favorit Anda.

Samsung Neo QLED 4K TV memiliki teknologi Object Tracking Sound Plus atau OTS+ untuk menghadirkan 3D sound yang sangat realistis dan selaras dengan adegan di scene yang sedang ditampilkan, sehingga pengguna seakan-akan berada di tengah-tengah aksi yang sedang berlangsung. Samsung Crystal UHD TV hadir dengan fitur Adaptive Sound yang akan menganalisis scene/konten yang sedang ditayangkan untuk mengoptimalkan sound. Tak ketinggalan Object Tracking Sound (OTS) Lite untuk menghadirkan 3D surround sound dan suara yang bergerak menurut aksi yang ditayangkan. Kedua tipe TV ini pun dilengkapi Q-Symphony yang membuat speaker TV berharmonisasi dengan soundbar untuk menghasilkan sound yang lebih kaya. Jika TV konvensional akan mematikan speakernya saat soundbar dinyalakan, Samsung Neo QLED 4K TV dan Crystal UHD TV akan tetap menyalakan speakernya untuk bekerja sama dengan Samsung Q-Soundbar.

Nonton Maraton, Mata Aman dan Nyaman

Menonton pertandingan olahraga atau film secara marathon atau dalam jangka waktu lama dapat membuat mata menjadi tidak nyaman, apalagi ketika kita menonton pertandingan live di dini hari.

Namun kini inovasi Samsung telah melahirkan teknologi layar yang tidak hanya mampu menampilkan tayangan yang hidup dan penuh warna, tapi juga aman bagi mata. Untuk pertama kalinya di industri, lini produk Samsung Neo QLED 4K TV telah meraih sertifikasi ‘Eye Care’ lengkap dari Verband Deutscher Elektrotechniker (VDE), sebuah lembaga sertifikasi dari Jerman, meliputi predikat ‘Safety for Eyes’ dan ‘Gentle to the eyes’.

Sertifikasi ‘Safety for Eyes’ diberikan sebab Samsung TV memiliki tingkat emisi Blue Light, sinar ultraviolet, dan sinar infra merah yang termasuk dalam kategori aman menurut International Electrotechnical Commission (IEC).

Sementara sertifikasi ‘Gentle to the eyes’ membuktikan bahwa cahaya dari Samsung TV aman terhadap melatonin, yaitu hormon yang mengatur ritme sirkadian atau ritme biologis tubuh manusia. Anda tetap nyaman melakukan binge watching serial favorit atau bergadang menyaksikan pertandingan dari club kesayangan.

Desain Elegan dan Percantik Rumah

Berapa ukuran TV yang pas untuk menonton? Sekarang saatnya mempertimbangkan TV layar besar. Layar TV seluas 75 inci atau lebih memang belum sama maraknya seperti ukuran 50 inci. Akan tetapi, penambahan 20 inci ini akan membuat Anda terhanyut dalam tontonan. Saat berada di rumah pun, Anda dapat membawa dunia di luar seolah masuk ke ruang keluarga. Gambar yang di-upscale ke 4K dengan mulus, audio yang memukau, ditambah desain TV yang ramping, semua mendukung keseruan menikmati konten.

Samsung Neo QLED 4K TV hadir dalam profil yang elegan dan ramping berkat desain NeoSlim. Desain ini menghadirkan TV yang anggun, tipis, dan terlihat cantik dipandang dari semua sudut, tak ubahnya sebuah karya seni. Adapun Samsung Crystal UHD TV hadir dengan desain AirSlim yang langsing, elegan, dan minimalis. TV ini juga hadir dengan layar yang bezel-less di tiga sisi dan stand yang bisa diatur sehingga pengguna bisa mengatur ketinggian maupun space-nya atau memasangnya dengan mudah di dinding.

Samsung Neo QLED 8K TV tersedia pada harga Rp 44.000.000 – 155.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Samsung Neo QLED 4K TV tersedia pada harga Rp 9.000.000 – 70.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Samsung Crystal UHD TV tersedia pada harga Rp 5.900.000 – 42.000.000 dan ukuran hingga 85 inci. Khusus akhir pekan ini hingga 29 Agustus 2021, pembelian Samsung Neo QLED dan QLED tipe tertentu di toko online Samsung.com akan mendapatkan potongan harga hingga 30% dan bonus Logitech Webcam.

sumber: tabloidpulsa.id
1121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
27 August 2021
1.121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
foto: Studi Independen Microsoft (tabloidpulsa.id)


Microsoft Indonesia resmi memulai program Studi Independen Bersertifikat Microsoft, sebuah program yang menyiapkan 1.121 mahasiswa dari 235 kampus di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi digital di bidang Produktivitas, Cloud, serta Data and AI, agar dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Ke-1.121 mahasiswa tersebut terpilih dari 6.000 mahasiswa yang mendaftar. Pemilihan dilakukan dengan mempertimbangkan variasi jurusan mahasiswa, agar peningkatan kapasitas digital dapat dilakukan secara inklusif, dan pemanfaatan teknologi dapat diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan.

Berjalan sebagai bagian dari inisiatif Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, program Studi Independen Bersertifikat Microsoft ini akan mengkonversi 20 sks kuliah mahasiswa, dengan kelulusan didasarkan pada keberhasilan mengambil sertifikasi di akhir periode pembelajaran, serta capstone project yang mereka tuntaskan di bulan Desember mendatang.

“Kami sangat senang melihat tingginya partisipasi mahasiswa di SIB Microsoft karena keterampilan digital memainkan peranan yang krusial bagi tingkat adaptasi kita di era berbasis cloud saat ini. Indonesia sendiri masih membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun. Adanya program ini akan membantu mencapai target tersebut,“ ujar Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam implementasinya, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari tenaga pengajar ahli yang telah ditunjuk Microsoft Indonesia, yaitu MIC Enterprise, selama empat bulan. Pendampingan dilakukan melalui kelas virtual serta tugas proyek yang dirancang sesuai dengan tantangan/kebutuhan industri saat ini. Misalnya, kelas produktivitas akan menugaskan mahasiswa untuk menghadirkan solusi teknis terhadap suatu permasalahan bisnis dengan menggunakan Microsoft 365, kelas cloud akan meminta mahasiswa merancang learning management system yang di-hosting dalam bentuk VM ataupun Azure website, sementara kelas Data and AI akan meminta mahasiswa mengembangkan sebuah dasbor yang memanfaatkan kecerdasan buatan dengan menerapkan solusi Cortana Intelligence Suite atau Cognitive Services.

Ning Qulyati, Community and Education Manager MIC Enterprise,mengatakan, “Secara jangka pendek, kelas dan proyek yang diberikan akan meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk bisa lulus sertifikasi Microsoft. Sementara secara jangka panjang, sertifikasi akan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja. Mendapatkan sertifikasi Microsoft tidaklah mudah karena ujian yang diberikan mencakup materi yang sangat komprehensif. Oleh karena itu, dengan bermitra bersama Microsoft di program SIB sebagai pengajar, kami berharap dapat ikut memberdayakan mahasiswa dan menyiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik”.

Seiring dengan perkembangan industri, sertifikasi telah menjadi nilai tambah nyata karena mampu memberikan gambaran atas keterampilan khusus pencari kerja, serta menunjukkan kegigihan mereka dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Bagi para pengusaha, sertifikasi juga tidak kalah penting karena dapat membekali mereka dengan berbagai keterampilan yang dapat mendukung pengembangan bisnis, seperti keterampilan teknologi bagi perusahaan yang dibangun dan berkembang di cloud.

Komitmen Keberlanjutan Microsoft di Bidang Keterampilan Digital

Partisipasi Microsoft Indonesia di SIB merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk menambah pelatihan bagi tiga juta orang hingga akhir tahun 2021 mendatang. Selain SIB, Microsoft juga melakukan berbagai program pelatihan lain, seperti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melatih sekitar 2.000 orang di Digital Talent Scholarship Professional Academy dan Fresh Graduate Academy (Mei – Agustus 2021), bekerja sama dengan 15 universitas negeri dan swasta dalam menyiapkan sertifikasi bagi 3.300 mahasiswanya (Januari – Juli 2021), serta bermitra dengan JA Asia Pacific dan Cloudswyft untuk melatih 10.000 talenta Indonesia.

“Keterampilan digital adalah fondasi dari seluruh transformasi digital yang tengah berlangsung. Sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 yang salah satu sektor strategisnya mencakup masyarakat digital, kami ingin memastikan dapat berkontribusi terhadap realisasi roadmap tersebut. Sebab, membangun talenta digital adalah tugas yang perlu kita kerjakan bersama dan menjadi salah satu langkah utama untuk mempercepat transformasi digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia Microsoft,” ujar Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Di luar kerja sama yang Microsoft lakukan dengan berbagai komunitas serta institusi, Microsoft juga membuka kesempatan kepada siapa saja untuk meningkatkan keterampilan digital dan memperoleh sertifikasi teknologi secara mandiri melalui Indonesia Belajar Microsoft Cloud. Sejak dibuka pada Oktober 2020 lalu, lebih dari 4.000 orang telah mengikuti berbagai pelatihan yang ada, sesuai kebutuhan dan minatnya masing-masing.

Tebaru, Microsoft juga telah menghadirkan versi Bahasa Indonesia untuk berbagai materi fundamental cloud Microsoft Azure di Microsoft Learn, agar lebih banyak masyarakat Indonesia dapat memiliki kompetensi seputar cloud yang merupakan landasan dari berbagai transformasi digital saat ini.

Baik Indonesia Belajar Microsoft Cloud maupun Microsoft Learn dapat diakses sepanjang tahun. Siapapun yang berminat dapat langsung mendaftarkan diri.

sumber: tabloidpulsa.id
POCO Indonesia Buka POCO Store Pertama di Dunia
26 August 2021
POCO Indonesia Buka POCO Store Pertama di Dunia
foto: Poco Store (tabloidpulsa.id)


itoday - POCO resmi membuka Authorized POCO Store pertama di Indonesia dan di dunia yang berlokasi di CROOZ Shophouse, Duren Tiga, Jakarta Selatan ini diresmikan oleh Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng dan Co-Founder CROOZ, Muhammad “Max” Pradhitya.

Toko ini berkonsep pop-up yang akan hadir mulai Agustus 2021 hingga Juli 2022. Diharapkan, konsep toko yang unik dan fresh ini dapat lebih mendekatkan dengan POCO fans Indonesia yang didominasi oleh anak muda.

“Kami ingin hadir lebih dekat dengan para POCO fans dan memudahkan mereka untuk membeli langsung atau bahkan mencoba produk-produk kami. Authorized POCO store mengusung konsep berbeda dari toko smartphone lain dan memilih CROOZ Box Park sebagai lokasi, mengingat kami mengincar subkultur yang sangat niche dan anti-mainstream. Kami percaya Authorized POCO store dapat menjadi tempat hangout para POCO fans sehingga komunitas ini dapat bertumbuh menjadi semakin solid,” ujar Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng.
Dengan nuansa hitam dan kuning sesuai dengan identitas POCO yang berjiwa muda, berani, dan beda, cocok sebagai tempat nongkrong anak muda. Disini, POCO fans tidak hanya dapat merasakan pengalaman hands-on smartphone POCO atau berbelanja langsung di tempat, sekaligus untuk meet-up offline dengan fans lainnya. Terdapat pula area skating ground yang bisa dimanfaatkan POCO Fans untuk bermain skateboard atau nongkrong dengan teman komunitas.

Toko offline perdana dari POCO ini menawarkan fasilitas toko yang lengkap, termasuk sales, services, dan accessories. Pembeli dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk POCO pilihannya, karena tersedia banyak pilihan pembayaran sesuai keinginan, termasuk pembayaran secara tunai, debit, cicilan kartu kredit maupun tanpa kartu kredit, serta tersedia penawaran tukar tambah (trade-in). Authorized POCO Store ini buka setiap hari, mulai pukul 10:00 WIB hingga 20:00 WIB.

Penjualan Perdana POCO X3 GT

Authorized POCO store menyediakan semua produk POCO yang terdiri dari lini produk “F”, “X” dan “M”, termasuk penjualan perdana POCO X3 GT bertepatan dengan pembukaan Authorized POCO Store ini, 26 Agustus 2021 pukul 12:00 WIB. Smartphone Go Turbo ini hadir dengan spesifikasi ekstrim, cocok untuk anak muda yang gemar bermain mobile game dan menonton hiburan. Khusus pembelian POCO X3 GT di toko perdana ini, pembeli dapat menikmati berbagai penawaran khusus, termasuk:
- Mendapatkan POCO X3 GT dengan harga perkenalan mulai dari Rp. 4.199.000, hanya sampai tanggal 26 Agustus 2021.
- Mendapatkan Free Earphone basic & Pouch selama stok tersedia dari tanggal 26-28 Agustus 2021.
- Tambahan keuntungan hingga Rp. 500.000 dari Laku6 mulai 26 Agustus hingga 30 September 2021.

Selain itu, POCO fans dapat memiliki POCO X3 GT di Po.co.id, Authorized POCO Store, Authorized Mi Store, Authorized Mi Shop, Akulaku, Shope, dan akan segera hadir di Erafone. Serta, penjualan offline akan dimulai di tanggal 2 September 2021 di seluruh Mi Partner di Indonesia.

Dengan dibukanya Authorized POCO store di CROOZ Box Park, POCO yakin dapat hadir lebih dekat dengan para fans. Ke depannya, POCO Indonesia berencana untuk membuka lebih banyak Authorized POCO store guna memenuhi kebutuhan para POCO fans, serta memberikan pelayanan lebih baik.

sumber: tabloidpulsa.id
Teknologi CHCNAV APACHE 3 Bisa Bantu Cegah Bencana Banjir
25 August 2021
Teknologi CHCNAV APACHE 3 Bisa Bantu Cegah Bencana Banjir
foto: CHCNAV APACHE 3 (tabloidpulsa.id)


itoday - Salah satu faktor yang menjadi penyebab bencana banjir adalah terjadinya pendangkalan daerah aliran sungai. Hal tersebut karena banyaknya material sedimen seperti lumpur, pasir atau sampah yang mengendap di dasar sehingga sungai atau danau menjadi dangkal. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya kapasitas untuk menampung air saat musim penghujan. Untuk itu, pengerukan atau pengangkatan material sedimen di daerah aliran sungai atau danau ini harus dilakukan. Namun, karena sungai dan danau memiliki jarak geografis yang sangat luas maka pengecekan sedimentasi secara manual menjadi tidak efektif dan efisien.

Oleh karena itu, pt. Datascrip sebagai authorized distributor CHCNAV di Indonesia menghadirkan solusi perangkat survei APACHE 3 yang dapat memetakan kondisi kedalaman bawah air dan juga perhitungan sedimentasi bawah air secara otomatis. Dengan solusi ini, pengukuran dan pemetaan kondisi sedimentasi bawah air dapat lebih efektif, efisien dan akurat.

CHCNAV APACHE 3 berupa perangkat Unmanned Surface Vessel (USV) atau kapal tanpa awak yang ringkas dan sangat mudah dioperasikan. Metode survei dengan USV merupakan sebuah terbosan teknologi dalam pekerjaan batimetri dan pemetaan hidrografi. Pengguna dapat melakukan survei dari jarak jauh dengan remote control, dari tepi sungai atau danau. APACHE 3 dapat bekerja secara otomatis hingga rentang jangkauan 2 Km untuk mengirim data kedalaman di bawah permukaan air.

Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi sensor Single Echo Sounder untuk melakukan pengukuran kedalaman dari 0,15m – 200m. Data yang ditangkap oleh sensor bisa langsung dikirim dan dilihat secara real time kinematic melalui software HydroSurvey dari CHC. Sensor yang ada pada USV APACHE 3 ini telah terkoneksi dengan Global Navigation Satelite Systems (GNSS) dan sensor arah sehingga dapat beroperasi secara otomatis dengan lancar. Selain itu, perangkat ini juga dibekali sensor IMU memungkinkan survei tanpa gangguan sinyal seperti saat USV melintas di bawah jembatan, bahkan jika digunakan pada kondisi perairan yang arus atau aliran airnya deras dan tidak beraturan sekalipun.

Pengguna dapat menghemat waktu karena USV APACHE 3 dibekali dengan motor penggerak berkecepatan 7.000 rpm yang dapat melaju hingga kecepatan 5 meter per detik. Data diproses dan diekstrasi dengan menggunakan software HydroSurvey untuk menyiapkan model 3D yang akan digunakan sebagai referensi dasar dalam menilai kandungan lumpur atau tingginya sedimentasi yang akan dihilangkan.

USV APACHE 3 juga dilengkapi kamera CCTV 360 derajat sehingga pengguna bisa tetap melihat dan merekam area sekitar pada saat pengukuran. USV ini didesain khusus dengan lapisan titanium anti korosi, serta baling-baling motor yang tertutup untuk melindungi dari lilitan benda. Teknologi sensor anti-collision juga memberikan perlindungan sehingga terhindar dari benturan objek yang ada di depannya. Selain itu, USV APACHE 3 juga sudah memiliki fitur Auto Return sehingga saat pekerjaan sudah selesai akan kembali ke jalur awal secara otomatis.

“Bencana banjir di Indonesia salah satu faktor penyebabnya adalah permasalahan sedimentasi bawah air di sungai atau danau yang fungsinya sebagai tempat penampung air hujan. CHCNAV APACHE 3 menjadi solusi yang tepat untuk melakukan perencanaan dan pemetaan daerah aliran sungai dan danau dalam proses pengerjaan normalisasi guna mencegah bencana banjir. Proses pengambilan data dapat dilakukan secara efektif, efisien dan akurat. Dengan begitu bisa digunakan untuk pencegahan bencana banjir, bahkan dapat digunakan juga untuk kebutuhan pendataan kondisi bawah air dalam pekerjaan konstruksi di area perairan, maupun informasi peta batimetri untuk navigasi laut dan juga kebutuhan penlitian yang terkait bencana hidrologi,” ujar Danang Kurniawan – Marketing Manager pt. Datascrip.

sumber: tabloidpulsa.id
Xiaomi Hadirkan Inovasi Kamera Bawah Layar dan Robotika
24 August 2021
Xiaomi Hadirkan Inovasi Kamera Bawah Layar dan Robotika
foto: Cyberdog Xiaomi (tabloidpulsa.id)


itoday - Xiaomi menunjukkan sejumlah inovasi teknologi sewaktu mengumumkan produk-produk yang diperkenalkan melalui perhelatan Autumn 2021 New Product Launch beberapa waktu lalu di Beijing, China. Inilah kesempatan untuk melihat inovasi yang sudah dicapai oleh Xiaomi mulai dari teknologi kamera bawah layar hingga robotika.

Dari jajaran produk yang diluncurkan, Xiaomi MIX 4 yang tersedia untuk pasar China mengusung sejumlah inovasi teknologi seperti Camera Under Panel (CUP) yang menyamarkan kamera di bawah layar sehingga pengguna bisa menikmati konten di layar tanpa gangguan. Pada saat yang sama, teknologi ini juga memastikan hasil gambar yang diambil dari kamera depan bisa menghasilkan warna yang akurat sesuai aslinya melalui kolaborasi perangkat keras dan lunak. MIX 4 merupakan seri smartphone yang lahir dari usaha keras selama lima tahun terakhir yang terdiri dari 60 paten, investasi untuk riset hingga 77 juta dolar AS, dan melibatkan ratusan engineer.

MIX 4 juga memboyong terobosan teknologi lainnya yakni ultra wide band (UWB) yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat pintar hanya dengan mengarahkan smartphone tersebut ke arahnya. Begitu terhubung, MIX4 bisa memberi perintah seperti menghidupkan, atau menyesuaikan pengaturan lainnya.

Langkah ambisius juga ditempuh Xiaomi dengan mengumumkan CyberDog. Inilah inisiatif perdana Xiaomi dalam mengembangkan robot berkaki empat secara open source melibatkan pengembang dari seluruh dunia. CyberDog juga mengusung sejumlah teknologi terdepan dalam hal gerakan, kecepatan, komputasi, dan sensor. Kelebihan-kelebihan ini memungkinkan robot tersebut untuk memahami kondisi sekitar dengan baik dan memberikan respon yang tepat.

Otak dari CyberDog ditenagai oleh superkomputer pengolah kecerdasan buatan dari NVIDIA Jetson Xavier NX platform yang memiliki 384 inti CUDA , 48 inti Tensor dan 6 Carmel ARM CPU. Dari sudut pandang pengguna, CyberDog mampu memproses data berukuran besar dari sensor-sensornya tanpa ada masalah.

Dengan pengembangan yang dilakukan secara open source, Xiaomi berharap untuk bisa mengundang minat dari pengembang di seluruh dunia untuk bersama-sama menyempurnakan bidang robotika ini. Pada saat yang sama juga diumumkan “Xiaomi Open Source Community” untuk terus mendorong pencapaian dari pengembang di berbagai negara, dan rencana untuk mendirikan laboratorium robotika untuk dipergunakan para engineer demi melahirkan inovasi bagi masa depan.

sumber: tabloidpulsa.id)