Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Antisipasi Whatsapp Down Lagi, Ini 6 Aplikasi Chatting Alternatif

Teknologi Informasi
Antisipasi Whatsapp Down Lagi, Ini 6 Aplikasi Chatting Alternatif 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Aplikasi bincang di bawah perusahaan Meta, Whatsapp mengalami down sore tadi. Di Indonesia, keluhan sudah membanjir di Twitter. Tampaknya, pengguna di berbagai negara juga terdampak karena cuitan tentang masalah WA down ini makin masif.

Masalah ini tentu membuat banyak pengguna merasa jengkel. Terutama saat membutuhkan kontak untuk urusan penting. Tenang saja, 6 aplikasi bincang ini bisa menjadi alternatif selain Whatsapp di ponsel kita.

Peristiwa ini sebenarnya bukan kali pertama dialami WA. Dilansir dari DownDetector mencatat pada 2021, WhatsApp juga pernah mengalami masalah serupa.

Nah, berikut ini enam aplikasi yang bisa jadi pilihan pengganti, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/10/2022).


1. Telegram

Telegram adalah aplikasi messaging berbasis cloud yang merupakan salah satu alternatif menarik dari WhatsApp. Telegram sendiri adalah aplikasi messaging yang disebut paling aman.

Pavel Durov, founder dan CEO Telegram, menyebut bahwa Telegram adalah aplikasi messaging yang aman. Dilindungi enkripsi, Telegram membuat berbagai informasi yang dibagi secara privat akan selalu bersifat privasi.

Telegram sendiri dengan tegas menolak untuk memberi 'pintu belakang' akses informasi untuk agen intelijen dari para pengguna Telegram.

Fitur yang diunggulkan dari Telegram soal privasinya adalah 'end-to-end encryption yang membuat siapapun tak akan bisa mengakses sebuah pesan kecuali pengirim dan penerima.

Ini adalah fitur yang kini juga telah diusung WhatsApp. Selain itu ada secret chatroom, serta destructing messages.

Telegram sudah bisa digunakan di Android, iOS, Windows, MacOS, dan versi Web.

Fitur-fitur di dalamnya pun hampir serupa dengan WhatsApp, mulai dari mengirimkan pesan teks, foto, dan video serta panggilan audio dan video.

2. Signal

Signal telah bisa digunakan untuk perangkat Android, iPad dan iPhone, serta Windows. Ada sejumlah fitur keamanan pada platform ini, salah satunya adalah end-to-end encryption. Fitur yang sama juga bisa ditemukan di WhatsApp.

Selain itu Signal hanya meminta nomor ponsel pengguna saat pendaftaran dan tidak ada data pengguna lain yang diketahui.

3. LINE

LINE adalah salah satu aplikasi messaging populer yang memungkinkan Anda untuk berkirim tak cuma pesan, namun juga gambar, video, dan audio.

Line sendiri memiliki keunggulan berupa pilihan stiker yang lucu, dompet digital Line Pay, agregator berita Line Today, video on demand Line TV, serta distribusi komik digital lewat Line Webtoon.

Tentu Line adalah alternatif terbaik dari WhatsApp, namun cakupan penggunanya tercatat lebih sedikit ketimbang WhatsApp. Hal ini wajar mengingat aplikasinya yang memakan memori cukup banyak dan juga tampilan yang jauh lebih menarik.

Platform ini sudah tersedia untuk iOS, Android, Windows, dan macOS.

4. BiP

Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh baik di App Store, Google Play serta Huawei App Gallery. BiP memiliki fitur seperti pesan instan, dan panggilan suara serta video.

Pengguna BiP juga bisa melakukan berbagi foto, pesan suara dan lokasi. Aplikasi juga mengklaim aman dengan pesan antar perangkat dan server dienkripsi sesuai standar keamanan nasional, ungkapnya dalam keterangan di Google Play.

5. iMessage

Layanan pesan singkat ini dikembangkan oleh Apple, jadi hanya bisa digunakan untuk iPhone, iPad atau iPad touch. Dalam laman Support, Apple menjelaskan iMessage merupakan pesan teks, foto atau video yang dikirim ke perangkat Apple melalui Wifi atau jaringan data seluler.

Perusahaan mengklaim pesan yang dikirimkan selalu dienkripsi. Cara mengaktifkan atau menonaktifkan iMessage adalah dengan membuka Pengaturan lanjutkan dengan memilih menu Pesan.

6. WeChat

WeChat adalah aplikasi messaging besutan raksasa teknologi China Tencent yang rilis 2011 lalu. Percaya tidak percaya, bermodal digunakan oleh banyak sekali pengguna di China dan global, We Chat dulu adalah penguasa di industri messaging.

Sampai saat ini pun, pengguna aktif bulanannya lebih dari satu milyar pengguna dan termasuk yang terbesar di dunia.

WeChat diklaim oleh Tencent sebagai Super App. Hal ini dikarenakan aplikasi ini tak cuma bisa melakukan messaging saja, namun juga jejaring sosial, mobile payment, dan banyak lagi lainnya.

Satu hal menarik soal WeChat sebagai alternatif WhatsApp, adalah di China yang terjadi justru sebaliknya. WhatsApp sering jadi alternatif dari WeChat dengan digunakannya VPN karena di negeri tirai bambu tersebut tak ada Google Play.

Jadi, Anda bisa memasang WeChat barangkali WhatsApp kembali down dan mendapatkan layanan sama baiknya.

sumber: suara.com
Teknologi Informasi Antisipasi Whatsapp Down Lagi, Ini 6 Aplikasi Chatting Alternatif