Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

5G Bisa Buat Apa Aja Sih
18 October 2021
5G Bisa Buat Apa Aja Sih?
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)


itoday - Layanan 5G secara komersial sudah bisa dinikmati sejak Telkomsel meluncurkannya pada 26 Mei 2021 lalu. Meskipun baru di beberapa kota, dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dan menunjang kemajuan masyarakat.

Secara bertahap, Telkomsel berjanji akan memperluas jangkauan 5G tersebut dan mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. Berikut ini beberapa bidang atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang sudah bisa Anda nikmati.

Internet of things (IoT)

IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Salah satu contoh akselerasi transformasi digital berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dalam sektor industri di Indonesia adalah seperti yang ditunjukkan oleh Telkomsel. Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel IoT menjalin kerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri dalam mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi yang disebut Smart Water Meter.

NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) bagian dari roadmap teknologi 5G yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan cakupan jaringan konektivitas yang lebih luas hingga dua kali dari teknologi GSM. Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan dapat menghemat cost dengan biaya modul yang rendah.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online. Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.

Pengaplikasian teknologi ini dapat dilihat melalui penandatanganan nota kesepahaman Telkomsel dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.

Kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric dalam memastikan pabriknya di Batam dilengkapi dengan teknologi IoT terbaru yang didukung dengan solusi EcoStruxure untuk operasional pabrik yang efisien, hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Telkomsel – Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia. Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet) yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh. Ketiga, pengaplikasian sistem EcoStruxure™ Machine Advisor yang menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management, sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard yang tersedia.

Mobile Otonom

Teknologi mobile otonom (tanpa pengemudi, termasuk drone) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib. Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobile otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Terkait Smartphone

Sebenarnya terlalu banyak yang bisa dijadikan contoh terkait 5G buat smartphone seperti halnya yang sudah digunakan pada perangkat dengan jaringan 4G. Namun dengan adanya 5G, konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.

Salah satu contoh adalah pengembangan layanan pendukung aktivitas perbankan melalui layanan aplikasi Telkomsel REDI. Dengan dukungan jaringan 5G, aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam akses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.

Telkomsel REDI merupakan kelanjutan pengembangan dari inovasi solusi layanan m-Banking Telkomsel yang sudah hadir sejak 2002. Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai potensi pemanfaatan teknologi demi kemudahan akses keuangan digital masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan pemanfataan layanan aplikasi Telkomsel REDI, berbagai aktivitas keuangan digital yang sebelumnya mungkin harus diakses dengan berbagai platform yang berbeda, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, transfer uang, hingga transaksi perbankan lainnya, kini semakin dimudahkan dengan akses transaksi cashless yang terintegrasi.

Selain contoh di atas, permainan online yang membutuhkan koneksi stabil dan kecepatan tinggi dapat dilakukan tanpa harus duduk di depan monitor. Dimana kita pun akan punya kesempatan yang sama dengan pemain lain dari sudut dunia lain yang memiliki akses internet lebih baik.

Kedokteran (Kesehatan)

Jaringan 5G juga bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara ril time.

Ini juga merupakan bagian dari langkah terbaru yang dilakukan Telkomsel yaitu dengan mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel untuk dapat saling menolong dimulai dari langkah sederhana #YangKitaBisa lakukan bersama. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan diantaranya memberikan akses untuk mendapatkan bantuan melalui Peduli Sesama, akses layanan kesehatan melalui Peduli Sehat, dan dukungan pembelajaran jarak jauh melalui Peduli Belajar.

Selain cakupan di atas sebenarnya masih banyak lagi. Sebagai operator pertama yang menyediakan akses layanan 5G, Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

sumber: tabloidpulsa.id
Telkomsel Maknai Hari Kemerdekaan ke76 RI dengan BukaPeluangTumbuh untuk Indonesia
17 August 2021
Telkomsel Maknai Hari Kemerdekaan ke-76 RI dengan #BukaPeluangTumbuh untuk Indonesia
foto: BukaPeluangUntukTumbuh Telkomsel (ist)


itoday - Memaknai Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Telkomsel konsisten mewujudkan komitmen tersebut dengan mengusung semangat Tangguh di setiap perubahan demi memperkuat tujuannya dalam membuka dunia penuh peluang dan kesempatan.

Dengan begitu, Telkomsel memastikan agar setiap langkah, inovasi, dan kontribusi nyata dari #YangKitaBisa berikan akan membuka lebih banyak peluang bagi seluruh lapisan masyarakat melewati berbagai tantangan di setiap situasi yang penuh tantangan guna mewujudkan semangat Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, “Hari kemerdekaan merupakan momen tepat bagi kita bersama untuk kembali memaknai perjalanan panjang yang sudah dilalui oleh bangsa ini. Para pendahulu kita telah menunjukkan ketangguhannya dalam melalui berbagai tantangan di tiap fase kehidupan.

Maka dari itu, Telkomsel sebagai leading digital telco company berupaya melanjutkan perjuangan tersebut dengan turut mengiringi perjalanan bangsa menghadapi berbagai tantangan di era modern melalui pemanfaatan keunggulan teknologi serta inovasi layanan yang menegaskan ketangguhan kita bersama sebagai bangsa untuk dapat terus tumbuh dari waktu ke waktu.”

Hingga saat ini, Telkomsel selalu mengambil peran terdepan untuk berkontribusi membangun bangsa yang tangguh dalam mengoptimalkan segala peluang melalui penguatan trifecta digital Telkomsel yang meliputi keunggulan sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.

Trifecta digital tersebut akan selalu hadir dalam memperkuat ekosistem digital Telkomsel yang komprehensif, terintegrasi, dan inklusif, dengan ragam inovasi produk dan layanan yang customer-centric, pengembangan jaringan berteknologi terkini yang berkelanjutan, serta kolaborasi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan untuk dapat memaksimalkan potensi di segala aspek kehidupan yang akan terus membuka kemungkinan dan kesempatan tanpa batas.

Penguatan Kapabilitas Digital untuk Konektivitas yang Prima

Sebagai connectivity enabler, Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju dalam memperluas cakupan jaringan broadband terdepan di seluruh penjuru negeri melalui upaya penguatan dan pemerataan jaringan bagi tiap lapisan masyarakat.

Komitmen tersebut telah diaktualisasikan Telkomsel dengan menggelar infrastruktur jaringan berupa lebih dari 234.000 Base Transceiver Station (BTS) sampai dengan Maret 2021 yang menjangkau 95% wilayah populasi Indonesia.

Selain itu, secara khusus Telkomsel telah menggelar lebih dari 400 unit BTS Merah Putih dan memastikan seluruh BTS Universal Service Obligation (USO) untuk menjangkau wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) serta perbatasan negara yang seluruhnya telah tehubung dengan teknologi 4G/LTE Telkomsel, serta berkomitmen untuk membangun jaringan broadband di sekira 1500 desa di wilayah non-3T secara bertahap hingga 2022, guna mendukung kedaulatan bangsa Indonesia.

Hingga Juli 2021, Telkomsel juga terus memperluas cakupan akses layanan VoLTE hingga di 132 kabupaten/kota di Indonesia dari 230 kabupaten/kota yang ditargetkan hingga akhir tahun ini.

Sebagai upaya mengakselerasi transformasi digital lifestyle masyarakat, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia konsisten mengembangkan komersialisasi jaringan teknologi 5G secara bertahap dan terukur, yang hingga kini telah telah terjangkau di sejumlah titik tertentu di sembilan kota di Indonesia. Upaya penggelaran konektivitas digital terdepan ini diharapkan dapat lebih mendorong pemanfaatan teknologi yang lebih mudah diakses bagi tiap elemen bangsa.

Dengan pembangunan infrastruktur jaringan broadband yang lebih merata dan setara, Telkomsel juga terus berupaya menghadirkan produk dan layanan broadband sebagai penunjang pengalaman konektivitas digital yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di era kenormalan baru, melalui Paket Darurat, Paket Kuota Ketengan, Paket Kuota Belajar, Paket Keluarga, dan banyak lagi, termasuk mendukung penyaluran program bantuan kuota internet dari pemerintah untuk para pelajar dan pengajar yang juga dilengkapi dengan program Merdeka Belajar Jarak Jauh dari Telkomsel.

Penguatan Kapabilitas Digital melalui Layanan dan Platform Digital

Dalam rangka memperkuat ekosistem digital nasional, Telkomsel juga turut melakukan penguatan kapabilitas digital dengan mengembangkan beragam platform digital. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi MyTelkomsel. Sebagai one-stop digital customer touch point, MyTelkomsel hadir untuk memberikan kemudahan lebih bagi pelanggan dalam mengakses berbagai layanan cukup di dalam satu aplikasi.

Selain itu, Telkomsel terus mengembangkan berbagai platform digital melalui kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai upaya memenuhi kebutuhan digital lifestyle masyarakat. Hal tersebut diwujudkan Telkomsel dengan menghadirkan layanan dan platform digital seperti MAXstream, Dunia Games, dan yang terbaru Kuncie.

Melalui ketiganya, Telkomsel berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan stakeholder dalam mengembangkan ekosistem gaya hidup digital di Indonesia, seperti kolaborasi dengan para sineas dengan menghadirkan film lokal berkualitas, meluncurkan platform games bersama para developer lokal, hingga mengajak para praktisi dan ahli berbagi ilmu untuk memberikan wadah ‘reskilling’ dan ‘upskilling’ masyarakat menjadi entrepreneur yang tangguh di era digital.

Lebih lanjut, Telkomsel juga berupaya menghadirkan solusi nyata di berbagai sektor bisnis yang memberikan nilai tambah bagi para pelaku untuk tetap bersikap tangguh dalam menumbuhkan usahanya walau harus menghadapi masa penuh tantangan akibat pandemi.

Bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Telkomsel menyediakan 99% Usahaku yang memberikan akses pasar yang lebih luas, berbagai ilmu dan tips yang dapat diterapkan langsung, serta komunitas untuk saling berbagi dan tumbuh di dalamnya.

Bagi para pelaku usaha di sektor industri media dan periklanan, Telkomsel juga memiliki TADEX yang mampu menghubungkan media dan brand dengan lebih baik sekaligus membantu mendorong kemajuan industri media secara berkelanjutan. Sedangkan melalui Telkomsel IoT, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif yang mampu membantu mengakselerasi transformasi digital di berbagai lintas sector industri.

Hendri lebih lanjut menambahkan, melalui anak perusahaan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Telkomsel juga mulai fokus dalam pemberdayaan digitalpreneurs dengan aksi investasi dan kolaborasi yang mengedepankan synergy value.

Telkomsel turut membuka diri dalam berbagai peluang kolaborasi sebagai salah satu upaya untuk dapat mengembangkan pemanfaatan layanan teknologi terkini. Seperti aksi kolaborasi yang dilakukan bersama Gojek dengan mengintegrasikan layanan iklan digital, mendigitalisasi mitra outlet Telkomsel, hingga memperluas akses mitra UMKM Gojek untuk menjadi mitra reseller Telkomsel.

Telkomsel juga menghadirkan berbagai program khusus bagi pengembangan talenta digital Indonesia, diantaranya seperti program Tinc yang fokus mengakselerasi startup Tanah Air di tahap seed funding dan memperkuat nilai yang dapat diberikannya bagi target sasaran, The NextDev yang hadir sebagai wadah bagi talenta digital Indonesia dalam menghadirkan solusi berbasis aplikasi yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa, program IndonesiaNEXT untuk mendukung pertumbuhan semangat siap kerja dan kewirausahaan demi meningkatkan daya saing generasi muda kita hingga ke tingkat global.

Tak ketinggalan, Telkomsel membuka lab inovasi Inno[X]tion untuk meningkatkan kapabilitas SDM Telkomsel sehingga mampu memberi nilai tambah yang mampu membantu pertumbuhan negeri di setiap produk, layanan, dan inovasi yang dirancang.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang sedang berjuang menghadapi pandemi, Telkomsel senantiasa mendampingi masyarakat melalui pengoptimalan potensi perusahaan.

Langkah terbaru yang dilakukan Telkomsel yaitu dengan mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel untuk dapat saling menolong dimulai dari langkah sederhana.

#YangKitaBisa lakukan bersama.

Beberapa inisiatif yang telah dilakukan di antaranya memberikan akses untuk mendapatkan bantuan melalui Peduli Sesama, akses layanan kesehatan melalui Peduli Sehat, dan dukungan pembelajaran jarak jauh melalui Peduli Belajar.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah menghadirkan berbagai upaya nyata dalam mendukung kebijakan penanggulangan COVID-19 oleh pemerintah sekaligus menunjukkan konsistensi dalam mendampingi masyarakat dalam melewati masa penuh tantangan ini.

Sejumlah inisiatif yang telah dilakukan sebelumnya meliputi pengamanan standar Quality of Service (QoS), dan berbagai program corporate social responsibility (CSR) yang turut menggandeng pihak-pihak terkait dengan kesamaan visi dalam memulihkan negeri, di antaranya pemberian donasi berupa alat ventilator dan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di seluruh Indonesia yang dilakukan di awal pandemi, menyalurkan donasi dari karyawan maupun jajaran Direksi Telkomsel, hingga memberikan paket data khusus bagi tenaga medis di rumah sakit rujukan dan darurat penanganan COVID-19.

“Untuk dapat melalui masa sulit ini, bangsa Indonesia haruslah tangguh. Dan ketangguhan dapat diperoleh apabila kita bisa bergerak bersama mulai dari #YangKitaBisa. Karena itu, Telkomsel memaknai Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan semangat perubahan, yaitu semangat yang mendorong komitmen Telkomsel untuk terus mempertahankan ketangguhan di masa perubahan dan terus berinovasi demi mengakselerasi bangsa. Kami pun mengajak setiap masyarakat untuk memupuk semangat ini, menjadikan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh nyata adanya, sehingga kita semua bisa bersama-sama menegaskan tetap selalu tangguh dengan tujuan untuk #BukaPeluangUntukTumbuh lebih jauh,” tutup Hendri.

sumber: tabloidpulsa.id
Komunikasi 7
14 June 2021
Komunikasi 7
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus.

Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet. Quisque rutrum. Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi.

Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus. Donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus. Nullam quis ante. Etiam sit amet orci eget eros faucibus tincidunt. Duis leo. Sed fringilla mauris sit amet nibh. Donec sodales sagittis magna. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit cursus nunc,
Komunikasi 6
14 June 2021
Komunikasi 6
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus.

Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet. Quisque rutrum. Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi.

Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus. Donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus. Nullam quis ante. Etiam sit amet orci eget eros faucibus tincidunt. Duis leo. Sed fringilla mauris sit amet nibh. Donec sodales sagittis magna. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit cursus nunc,
Komunikasi 5
14 June 2021
Komunikasi 5
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus.

Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet. Quisque rutrum. Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi.

Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus. Donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus. Nullam quis ante. Etiam sit amet orci eget eros faucibus tincidunt. Duis leo. Sed fringilla mauris sit amet nibh. Donec sodales sagittis magna. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit cursus nunc,
Komunikasi 4
14 June 2021
Komunikasi 4
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim.

Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus.

Aenean leo ligula, porttitor eu, consequat vitae, eleifend ac, enim. Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet. Quisque rutrum. Aenean imperdiet. Etiam ultricies nisi vel augue. Curabitur ullamcorper ultricies nisi.

Nam eget dui. Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem neque sed ipsum. Nam quam nunc, blandit vel, luctus pulvinar, hendrerit id, lorem. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus. Donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus. Nullam quis ante. Etiam sit amet orci eget eros faucibus tincidunt. Duis leo. Sed fringilla mauris sit amet nibh. Donec sodales sagittis magna. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit cursus nunc,

Terpopuler

Komunikasi 5
14 June 2021
Komunikasi 5