Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

5G Bisa Buat Apa Aja Sih?

Telekomunikasi
5G Bisa Buat Apa Aja Sih? 1
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)


itoday - Layanan 5G secara komersial sudah bisa dinikmati sejak Telkomsel meluncurkannya pada 26 Mei 2021 lalu. Meskipun baru di beberapa kota, dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dan menunjang kemajuan masyarakat.

Secara bertahap, Telkomsel berjanji akan memperluas jangkauan 5G tersebut dan mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. Berikut ini beberapa bidang atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang sudah bisa Anda nikmati.

Internet of things (IoT)

IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Salah satu contoh akselerasi transformasi digital berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dalam sektor industri di Indonesia adalah seperti yang ditunjukkan oleh Telkomsel. Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel IoT menjalin kerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri dalam mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi yang disebut Smart Water Meter.

NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) bagian dari roadmap teknologi 5G yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan cakupan jaringan konektivitas yang lebih luas hingga dua kali dari teknologi GSM. Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan dapat menghemat cost dengan biaya modul yang rendah.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online. Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.

Pengaplikasian teknologi ini dapat dilihat melalui penandatanganan nota kesepahaman Telkomsel dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.

Kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric dalam memastikan pabriknya di Batam dilengkapi dengan teknologi IoT terbaru yang didukung dengan solusi EcoStruxure untuk operasional pabrik yang efisien, hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Telkomsel – Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia. Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet) yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh. Ketiga, pengaplikasian sistem EcoStruxure™ Machine Advisor yang menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management, sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard yang tersedia.

Mobile Otonom

Teknologi mobile otonom (tanpa pengemudi, termasuk drone) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib. Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobile otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Terkait Smartphone

Sebenarnya terlalu banyak yang bisa dijadikan contoh terkait 5G buat smartphone seperti halnya yang sudah digunakan pada perangkat dengan jaringan 4G. Namun dengan adanya 5G, konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.

Salah satu contoh adalah pengembangan layanan pendukung aktivitas perbankan melalui layanan aplikasi Telkomsel REDI. Dengan dukungan jaringan 5G, aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam akses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.

Telkomsel REDI merupakan kelanjutan pengembangan dari inovasi solusi layanan m-Banking Telkomsel yang sudah hadir sejak 2002. Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai potensi pemanfaatan teknologi demi kemudahan akses keuangan digital masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan pemanfataan layanan aplikasi Telkomsel REDI, berbagai aktivitas keuangan digital yang sebelumnya mungkin harus diakses dengan berbagai platform yang berbeda, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, transfer uang, hingga transaksi perbankan lainnya, kini semakin dimudahkan dengan akses transaksi cashless yang terintegrasi.

Selain contoh di atas, permainan online yang membutuhkan koneksi stabil dan kecepatan tinggi dapat dilakukan tanpa harus duduk di depan monitor. Dimana kita pun akan punya kesempatan yang sama dengan pemain lain dari sudut dunia lain yang memiliki akses internet lebih baik.

Kedokteran (Kesehatan)

Jaringan 5G juga bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara ril time.

Ini juga merupakan bagian dari langkah terbaru yang dilakukan Telkomsel yaitu dengan mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel untuk dapat saling menolong dimulai dari langkah sederhana #YangKitaBisa lakukan bersama. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan diantaranya memberikan akses untuk mendapatkan bantuan melalui Peduli Sesama, akses layanan kesehatan melalui Peduli Sehat, dan dukungan pembelajaran jarak jauh melalui Peduli Belajar.

Selain cakupan di atas sebenarnya masih banyak lagi. Sebagai operator pertama yang menyediakan akses layanan 5G, Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

sumber: tabloidpulsa.id
Telekomunikasi 5G Bisa Buat Apa Aja Sih?

Terpopuler

Komunikasi 5
14 June 2021
Komunikasi 5